Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam Di Smp Miftahul Ulum Dusun Curah Banteng Desa Kaliwining Kec. Rambipuji Tahun Pelajaran 2016/2017

Rathomi, Moch. Abda'i (2017) Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam Di Smp Miftahul Ulum Dusun Curah Banteng Desa Kaliwining Kec. Rambipuji Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Moch. Abda’i Rothomi_084128022'.pdf

Download (12MB)

Abstract

Guru merupakan komponen paling menentukan dalam sistem pendidikan secara keseluruhan yang harus mendapat perhatian sentral, pertama, dan utama. dengan demikian kompetensi guru tercermin dalam penampilan pelaksanaan pengertian tugas-tugas yang ditandai dengan keahlian baik dalam materi maupun metode. Keahlian yang dimiliki oleh guru adalah keahlian yang diperoleh melalui suatu proses pendidikan dan pelatihan yang diprogramkan secara khusus dalam bentuk Kompetensi guru Dari uraian di atas betapa penting arti suatu profesionalisme guru pendidikan agama Islam di SMP Miftahul Ulum Desa Kaliwining Kec. Rambipuji Dari latar belakang tersebut, maka fokus penelitian dari skripsi ini adalah: Bagaiamana kompetensi guru pendidikan agama Islam di SMP Miftahul Ulum Desa Kaliwining Kec. Rambipuji? dengan rumusan masalah: 1) Bagaimana kompetensi kepribadian guru pendidikan agama Islam di SMP Miftahul Ulum Desa Kaliwining Kec. Rambpuji? 3) Bagaimana kompetensi sosial guru pendidikan agama Islam di Desa Kaliwining Kec. Rambipuji? Adapun tujuan penelitiannya adalah: Untuk mendiskripsikan bagaimana kompetensi guru pendidikan agama Islam di SMP Miftahul Ulum Desa Kaliwining Kec. Rambipuji Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif diskriptif. Peneliti mendapatkan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun penentuan subjek peneltian mengunakan purposive sampling. Tahaptahap penelitian meliputi pra lapangan, pekerjaan lapangan, dan analisis data. Teknik analisa data menggunakan analisis data kualitatif. Dan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik serta triangulasi sumber. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Kompetensi guru pendidikan agama Islam di SMP Miftahul Ulum adalah dalam memberikan ilmu pengetahuan seorang guru harus mampu menguasai bidang keilmuan yang mumpuni dan mempunyai wawasan, kreatifitas dan inovatif dalam model mengajarnya. 2) Kompetensi kepribadian guru pendidikan agama islam adalah seorang guru harus dapat menjaga martabat dihadaapan peserta didiknya dengan selalu melestarikan kewibawaan, mandiri, berakhakul karimah, beriman dan bertaqwa, sehingga dapat dijadikan teladan bagi peserta didiknya. 3) Kompetensi guru sosial guru pendidikan agama Islam adalah kemampuan guru dalam memberikan ilmu agama Islam melalui model pembelajaran yang mampu dipahami melalui pembelajaran komunikatif, kolabratif dan memberikan informasi yang bermanfaat bagi kehidupan sosial peserta didik sehingga dapat diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat nanti. Kata kunci: Kompetensi Guru, Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 04 Apr 2023 08:51
Last Modified: 04 Apr 2023 08:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21727

Actions (login required)

View Item View Item