Peran Keluarga Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Pada Anak Di Desa Dawuhan Kecamatan Grujugan Kabupaten Bondowoso Tahun 2016.

Mursidi, Mr. (2017) Peran Keluarga Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Pada Anak Di Desa Dawuhan Kecamatan Grujugan Kabupaten Bondowoso Tahun 2016. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mr. MURSIDI_084 124 024.pdf

Download (55MB)

Abstract

Keluarga merupakan pendidikan pertama bagianak. Pendidikan informal ini sebagai gerbang keberhasilan anak selama mereka melanjutkan pendidikan di sekolah maupun masyarakat. Dengan kata lain, keterlibatan keluarga memiliki pengaruh kuat pada prestasi di sekolah.Pengaturan peran keluarga terhadap pendidikan anak makin berat, terlebih era informasi yang memasuki zaman keemasan saat ini. Karena apa yang terjadi di sekelilingnya anak akan mudah mencontohnya. Oleh sebab itu, kecakapan orang tua dalam menyerap informasi dan mengomunikasikan kepada anak merupakan salah satu elemen yang terbaik dalam perkembangan anak. Bukan hanya informasi saja, lingkungan juga memiliki peran penting dalam kepribadin anak. Khususnya lingkungan keluarga di Desa Dawuhan Kecamatan Grujugan Kabupaten Bondowoso. Adapun fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana peran keluarga dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan akidah pada anak di Desa Dawuhan Kecamatan Grujugan Kabupaten Bondowoso. 2) Bagaimana peran keluarga dalam menanamkan nilainilai pendidikan ibadah pada anak di Desa Dawuhan Kecamatan Grujugan Kabupaten Bondowoso. 3) Bagaimana peran keluarga dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan ahklak pada anak di Desa Dawuhan Kecamatan Grujugan Kabupaten Bondowoso. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, interview dan dokumenter. Analisis data menggunakan analisa data reflektif. Sedangkan analisis tersebut ialah : 1) reduksi data. 2) penyajian data. 3) penarikan kesimpulan. Dan uji validitas data menggunakan validitas kontruksi, validitasisi, dan validitas eksternal. Berdasarkan dari hasil penelitian yang dilakukan, dapat dikemukakan kesimpulan sebagai berikut : 1) Pendidikan Aqidah pada anak di Desa Dawuhan Kecamatan Grujugan Kabupten Bondowoso sudah diupayakan oleh orang tua sejak lahir. Sementara bagi keluarga yang kurang mampu dalam pengetahuan Agamanya, maka pendidikan Agamanya diserahkan kepada guru ngaji. Peran keluarga dalam hal ini tidak lain sebagai motivator pada anak. 2) Peran keluarga dalam menanamkan nilai-nilai Ibadah pada anak di Desa Dawuhan Kecamatan Grujugan Kabupaten Bondowoso sudah diupayakan oleh keluarga selalu memberi nilai-nilai Ibadah kepada anak serta sekaligus melatih anak supaya mempunyai kepribadian yang baik dan semangat dalam melaksanakan Ibadah. 3) Peran keluarga dalam menanamkan nilai-nilai Akhlaq kepada anak di Desa Dawuhan Kecamatan Grujugan Kabupaten Bondowoso diberikan oleh orang tua sejak anak masih usia dini. Karena pada dasarnya adalah momen yang tepat untuk melatih anak supaya mempunyai akhlaq yang baik, baik luar ataupun dalam lingkungan kekuarga. Jika kebiasaan tersebut sudah terinternalisasi dalam jiwa anak mulai sejak dini, maka ketika anak besar kelak akan menjadi anak shalih dan shalihah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 04 Apr 2023 08:56
Last Modified: 04 Apr 2023 08:56
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21729

Actions (login required)

View Item View Item