Implementasi Pembacaan Asma’ul Husna dalam Pembentukan Kecerdasan Emosional Peserta Didik Kelas XI Tehnik Konstruksi Batu dan Beton di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Jember Tahun 2017/2018

Usilawati, Ms. (2017) Implementasi Pembacaan Asma’ul Husna dalam Pembentukan Kecerdasan Emosional Peserta Didik Kelas XI Tehnik Konstruksi Batu dan Beton di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Jember Tahun 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ms. USILAWATI_084 131 276.pdf

Download (6MB)

Abstract

Pengangkatan tema ini dilatar belakangi oleh sikap peserta didik yang masih kurang baik tingkah laku terhadap guru, orang tua, masyarakat dan kepada yang lebih tua, juga karna tidak terkontrol sikap emosi peserta didik. Dengan diterapkannya pembacaan Asma’ul Husna dalam pembentukan kecerdasan emosional peserta didik, ya itu untuk mengurangi dampak yang ditimbulkan oleh sikap peserta didik yang kurang baik dan tidak terkontrol sikap emosi peserta didik yang negatif. Penerapan ini ditujukan untuk mengubah sikap siswa dan juga pembentukan kecerdasan emosional siswa yang positif. Berdasarkan masalah tersebut maka diangkatlah judul “Implementasi Pembacaan Asma’ul Husna dalam Pembentukan Kecerdasan Emosional Peserta Didik Kelas XI Tehnik Konstruksi Batu dan Beton di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Jember Tahun 2017/2018.” Fokus penelitian pada skripsi ini ada dua yang disebutkan sebagai berikut.1. Apasaja Unsur-unsur Kecerdasan Emosional Peserta Didik Kelas XI Tehnik Konstruksi Batu dan Beton pada Pelaksanaan Pembacaan Asma’ul Husna di SMK Negeri 2 Jember Tahun 2017/2018.? 2. Bagaimana Penerapan Pembacaan Asma’ul Husna dalam Pembentuk Kecerdasan Emosional peserta didik Kelas XI Tehnik Konstruksi Batu dan Beton di SMK Negeri 2 Jember Tahun 2017/2018.? Sedangkan Tujuan dari penelitian ini adalah. 1. Untuk Mengetahui Unsurunsur Kecerdasan Emosional Peserta Didik Kelas XI Tehnik Konstruksi Batu dan Beton pada Pelaksanaan Pembacaan Asma’ul Husna di SMK Negeri 2 Jember Tahun 2017/2018. 2. Untuk Mengetahui Penerapan Pembacaan Asma’ul Husna dalam Pembentuk Kecerdasan Emosional Peserta Didik Kelas XI Tehnik Konstruksi Batu dan Beton di SMK Negeri 2 Jember Tahun 2017/2018. Metode penelitian pada skripsi ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan dalam menentukan subyek penelitian, menggunakan teknik purposive. sedangkan metode dalam pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan mengambil sumber data dari kepala sekolah, guru PAI dan peserta didik. Adapun analisa data dalam penelitian ini yaitu reduction data, display data, dan verifikasi. Dan keabsahan data digunakan adalah trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Hasil yang didapat dari penelitian yang telah dilakukan di SMK Negeri 2 Jember adalah.1. Unsur-unsu Kecerdasan Emosional peserta didik pada pelaksanaan pembacaan Asma’ul Husna di SMK Negeri 2 Jember yaitu Kecerdasan Emosional sangat penting dalam kehidupan sehari-hari untuk menghadapi kehidupan di dunia yang rumit aspek pribadi, sosial, dan akal sehat yang penuh misteri. 2. Penerapan pembacaan Asma’ul Husna dalam membentuk Kecerdasan Emosional peserta didik memiliki bebrapa tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021499 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 04 Apr 2023 08:56
Last Modified: 04 Apr 2023 08:56
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21735

Actions (login required)

View Item View Item