Kontribusi Organisasi Derma Insani Dalam Pembinaan Akhlak Anak Yatim Dan Piatu Di Baratan Patrang Jember Tahun 2016/2017

Baihaqi, Muhammad Hafid (2017) Kontribusi Organisasi Derma Insani Dalam Pembinaan Akhlak Anak Yatim Dan Piatu Di Baratan Patrang Jember Tahun 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
MUHAMMAD HAFID BAIHAQI_084 121 220.pdf

Download (6MB)

Abstract

Di Desa Baratan Kecamatan Patrang Kabupaten Jember terdapat sebuah organisasi yang bernama Organisasi Derma Insani, organisasi ini bergerak dalam pengembangan dan pemberdayaan masyarakat lapisan bawah, salah satunya adalah pemberdayaan anak yatim dan piatu. Fokus penelitian yang diangkat dalam penelitian ini adalah: Bagaimana kontribusi Organisasi Derma Insani dalam pembinaan akhlaq anak yatim dan piatu pada aspek Hablum Min Allah di Baratan Patrang Jember Tahun 2016/2017? Bagaimana kontribusi Organisasi Derma Insani dalam pembinaan akhlaq anak yatim dan piatu pada aspek Hablum Min Annas di Baratan Patrang Jember Tahun 2016/2017? Bagaimana kontribusi Organisasi Derma Insani dalam pembinaan akhlaq anak yatim dan piatu pada aspek Hablum Min Al-Alam di Baratan Patrang Jember Tahun 2016/2017? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Dengan jenis penelitian lapangan. Subjek penelitian dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Proses pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa 1) Kontribusi Organisasi Derma Insani dalam pembinaan akhlaq anak yatim dan piatu pada aspek Hablum Min Allah yaitu dengan penerapan Program praktek sholat berjamaah dan hafalan alquran yang diterapkan di RA Albarokah (Sekolah Insani) Jember yang dapat membentuk akhlak anak yatim dan piatu pada aspek Hablum Min Allah. Akhlak tersebut berupa taqwa dengan cara meningkatnya ibadah para anak yatim maupun piatu, akhlaq yang terbentuk yaitu bersyukur dan bersabar. Pembentukan akhlak anak yatim dan piatu pada aspek Hablum Min Allah dapat terbentuk dengan cara pendidikan, pembinaan, pembiasaan dan pemberian punishment. 2) Kontribusi Organisasi Derma Insani dalam pembinaan akhlaq anak yatim dan piatu pada aspek Hablum Min Annas yaitu berupa penerapan media panahan dan gotong royong oleh Organisasi Derma Insani yang dapat membentuk akhlak anak yatim dan piatu pada aspek habluminannas. Akhlak yang terbentuk berupa saling tolong menolong, menjaga ukhwah islamiah, dan kasih sayang antar sesama manusia. Pembentukan akhlak tersebut di pengaruhi oleh kebiasaan, pemberian teladan dan motivasi. 3) Kontribusi Organisasi Derma Insani dalam pembinaan akhlaq anak yatim dan piatu pada aspek Hablum Min Al-Alam yaitu dengan penerapan program satu anak satu kambing yang dapat membentuk akhlak anak yatim pada aspek Hablum Min Al-Alam. Contoh akhlak yang terbentuk adalah seperti merawat dan menjaga kelestarian lingkungan dan memelihara serta menyayangi binatang. Hal tersebut dapat terbentuk dengan adanya pembinaan dan kebiasaan sebagai aspek pembentukan akhlak anak yatim dan piatu di Baratan Patrang Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 04 Apr 2023 08:56
Last Modified: 04 Apr 2023 08:56
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21736

Actions (login required)

View Item View Item