Latar Belakang Pendidikan Masyarakat dan Keterlibatannya dalam Aktivitas Keagamaan di Banjar Sengon Patrang Jember 2017.

Sa'di, Muhammad (2018) Latar Belakang Pendidikan Masyarakat dan Keterlibatannya dalam Aktivitas Keagamaan di Banjar Sengon Patrang Jember 2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Muhammad Sa’di_084 111 358.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kata kunci: 1) Latar Belakang Pendidikan Masyarakat di Banjar Sengon 2) Keterlibatannya dalam Aktivitas Keagamaan Pendidikan merupakan suatu keharusan bagi manusia karena pada hakikatnya manusia lahir dalam keadaan tidak berdaya, dan tidak langsung dapat berdiri sendiri. Manusia pada saat lahir sepenuhnya memerlukan bantuan orang tuanya karena, pendidikan merupakan bimbingan orang dewasa mutlak diperlukan manusia. Melihat latar belakang pendidikan di masyarakat sangatlah beragam. Pembangunan Nasional meletak kan manusia sebagai alat dan tujuan untuk mencapai pembangunan diperlukan manusia yang memiliki kemampuan dan keterampilan, sertakreatifitas yang tinggi. Pembangunan di Indonesia secara terus menerus dalam rangka untuk meningkatkan antara kehidupan, kecerdasan, kesejahteraan masyarakat, baik lahir maupun batin. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: (1) Apa saja latar belakang pendidikan masyarakat di Banjar Sengon?; (2) bagaimana keterlibatannya dalam aktivitas keagamaan di Banjar Sengon Patrang Jember?. Tujuan penilitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan latar belakang pendidikan masyarakat di Banjar Sengon; (2) mendeskripsikan keterlibatannya dalam aktivitas keagamaan di Banjar Sengon Patrang Jember. Metode yang digunakan dalam penilitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, penentuan informan menggunakan purpossive sampling, analisis data yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Selanjutnya untuk mengukur kebasahan dan menggunakan trianggulasi sumber dan teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa: (1) Latar belakang pendidikan masyarakat di Banjar Sengon masih tergolong rendah, karena lebih banyak masyarakat yang berpendidikan rendah dari pada masyarakat yang berpendidikan tinggi. (2) Hal ini juga mengakibatkan aktivitas masyarakat khususnya dalam keagamaan juga rendah, antara lain: a) Shalat Berjama’ah, b) Dzikir Rutinan Berjama’ah (Istighotsah), c) Mendo’akan Orang Meninggal (Tahlilan), dan d) Peringatan Tahun Baru Islam. Semua aktivitas keagamaan tersebut masih tidak maksimal, karena masyarakat kurang memahami apa maksud dan tujuan diadakan nya aktivitas keagamaan tersebut masih banyak yang hanya sekedar ikut. Hal ini dikarenakan latar belakang pendidikan masyarakat di desa Banjar Sengon tergolong rendah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 04 Apr 2023 08:58
Last Modified: 04 Apr 2023 08:58
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21737

Actions (login required)

View Item View Item