Peran Guru Dalam Meningkatkan Pemahaman Mata Pelajaran Fikih Melalui Metode Demonstrasi Di Madrasah Diniyah An-nur Haji Alwi Desa Rambigundam Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember

Jamaludin, M. Asep (2019) Peran Guru Dalam Meningkatkan Pemahaman Mata Pelajaran Fikih Melalui Metode Demonstrasi Di Madrasah Diniyah An-nur Haji Alwi Desa Rambigundam Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Jember.

[img] Text
M. Asep Jamaludin_084148021.pdf

Download (19MB)

Abstract

Salah satu usaha yang tidak pernah guru tinggalkan dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap mata pelajaran dan untuk mencapai keberhasilan proses belajar mengajar, yaitu bagaimana guru memahami dan menerapkan metode pembelajaran dengan tepat, sehingga siswa dapat dengan mudah memahami ilmu yang disampaikan guru. Fokus penelitian ini mengkaji bagaimana peran guru dalam meningkatkan pemahaman mata pelajaran fikih melalui metode demonstrasi di Madrasah Diniyah An-nur Haji Alwi Desa Rambigundam Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember, yang meliputi tiga pembahasan, yaitu: (1) bagaimana peran guru sebagai pendidik dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap mata pelajaran fikih melalui metode demonstrasi di madrasah diniyah An-nur Haji Alwi (2) bagaimana peran guru sebagai pembimbing dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap mata pelajaran fikih melalui metode demonstrasi di madrasah diniyah An-nur Haji Alwi (3) bagaimana peran guru sebagai demonstrator dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap mata pelajaran fikih melalui metode demonstrasi di madrasah diniyah An-nur Haji Alwi Sedangkan tujuannya yaitu untuk mendeskripsikan peran guru sebagai pendidik, pembimbing, dan demonstrator dalam upaya meningkatkan pemahaman siswa terhadap mata pelajaran fikih melalui metode demonstrasi di Madrasah diniyah An-nur Haji Alwi Desa Rambigundam Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu jenis kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian ini di Madrasah diniyah An-nur Haji Alwi Desa Rambigundam Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember. Penentuan informan menggunakan: teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan: wawancara, dokumentasi, dan observasi. Adapun analisis data menggunakan: data reduction, data display, dan verification. Sedangkan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian ini yaitu: (1) Guru berperan sebagai pendidik, yaitu guru menguasai materi yang diajarkan, guru menjadi teladan keseharian yang baik bagi peserta didiknya khusunya dalam bidang ubudiyah, dan memiliki sikap kedisiplinan yang tinggi, dimana ketiga hal tersebut di cerminkan guru baik di dalam atau di luar kelas. (2) Guru sebagai pembimbing, yaitu guru membantu peserta didik yang mengalami kesulitan perkembangan belajar, dan harus menjadi mitra belajar bagi muridnya dengan cara menjalin hubungan yang baik dengan peserta didiknya serta guru pula harus bisa mengetahui perbedaan karakter pesetrta didiknya. (3) Guru berperan sebagai demostrator, yaitu guru sebagai fasilisator yang menyiapkan beberapa media yang dibutuhkan dalam proses demonstrasi, dan menyediakan waktu yang dibutuhkan dan menjadi seorang model atau yang memperagakan suatu kejadian atau proses suatu masalah, serta bertindak sebagai evaluator yang mengoreksi, dan menilai hasil demonstrasi peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Maulida Agustiningsih
Date Deposited: 24 May 2021 07:31
Last Modified: 24 May 2021 07:31
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/2174

Actions (login required)

View Item View Item