Peran Kegiatan Remaja Masjid dalam Meningkatkan Kepribadian Muslim Generasi Muda di Masjid Jami’ Al Baitul Amien Jember Tahun 2017

Azis F., Ratri Ainur (2017) Peran Kegiatan Remaja Masjid dalam Meningkatkan Kepribadian Muslim Generasi Muda di Masjid Jami’ Al Baitul Amien Jember Tahun 2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ratri Ainur Azis F_084121131.pdf

Download (7MB)

Abstract

Remaja dan pemuda merupakan kelompok usia yang sangat potensial. Itu sebabnya generasi muda seringkali disebut sebagai generasi harapan; harapan dirinya sendiri, keluarga, masyarakat, agama, bangsa dan Negara. Dalam konteks kemasjidan, generasi muda juga menjadi tulang punggung dan harapan besar bagi pemakmuran masjid pada masa kini dan mendatang. Fokus penelitian yang diangkat dalam penelitian adalah (1) Bagaimana peran kegiatan remaja masjid bidang ibadah dalam meningkatkan kepribadian muslim generasi muda di Masjid Jami’ Al Baitul Amien Jember tahun 2017?. (2) Bagaimana peran kegiatan remaja masjid bidang pendidikan dalam meningkatkan kepribadian muslim generasi muda di masjid Jami’ Al Baitul Amien Jember tahun 2017?. (3) Bagaimana peran kegiatan remaja masjid bidang sosial dalam meningkatkan kepribadian muslim generasi muda di masjid Jami’ Al Baitul Amien Jember tahun 2017?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan peran kegiatan remaja masjid bidang ibadah dalam meningkatkan kepribadian muslim generasi muda di masjid Jami’ Al Baitul Amien Jember tahun 2017. (2) Mendeskripsikan peran kegiatan remaja masjid bidang pendidikan dalam meningkatkan kepribadian muslim generasi muda di masjid Jami’ Al Baitul Amien Jember tahun 2017. (3) Mendeskripsikan kegiatan remaja masjid bidang sosial dalam meningkatkan kepribadian muslim generasi muda di masjid Jami’ Al Baitul Amien Jember tahun 2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Dalam penentuan subyek penelitian, peneliti menggunakan purposive sampling, adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa peran kegiatan remaja masjid dalam meningkatkan kepribadian muslim generasi muda di masjid Jami’ Al Baitul Amien Jember tahun 2017 yaitu (1) kegiatan dalam bidang ibadah meliputi kegiatan bahana muharram, kajian aswaja, pelatihan ubudiyah, BASTRA, PHBI, kajian fiqh kewanitaan. (2) kegiatan dalam bidang pendidikan meliputi PSI (Program Study Islam), pelatihan design grafis, pelatihan komputer jaringan, pelatihan manajemen bisnis, dan pelatihan entrepreneur kemuslimahan. (3) kegiatan dalam bidang sosial meliputi gerakan segoku segomu, forum silaturahmi, dan hijab beauty care.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 04 Apr 2023 08:58
Last Modified: 04 Apr 2023 08:58
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21741

Actions (login required)

View Item View Item