Penerapan Sifat Wajib Rasul Dalam Rangka Peningkatan Kompetensi Guru di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Ainul Yaqin Ajung Tahun Ajaran 2016/2017.

Alfiyan, Rizky (2017) Penerapan Sifat Wajib Rasul Dalam Rangka Peningkatan Kompetensi Guru di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Ainul Yaqin Ajung Tahun Ajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
RIZKY ALFIYAN_084 121 346.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penerapan sifat wajib rasul dalam rangka peningkatan kompetensi guru ini sebagai dasar untuk menjadikan pendidikan yang lebih baik dan maju pada saat zaman yang penuh tantangan globalisasi sekarang ini. Kompetensi guru harus selaras dengan sifat wajib rasul yang empat tersebut. Karena dengan begitu, guru bisa menciptakan generasi yang unggul dan tangguh dalam menghadapi zaman modern ini. Berdasarkan penjelasan tersebut, maka fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimanakah penerapan sifat fathonah rasul dalam rangka peningkatan kompetensi pedagogik Guru di SMP Ainul Yaqin Tahun Ajaran 2016/2017? 2) Bagaimanakah penerapan sifat shiddiq rasul dalam rangka peningkatan kompetensi kepribadian Guru di SMP Ainul Yaqin Tahun Ajaran 2016/2017? 3) Bagaimanakah penerapan sifat amanah rasul dalam rangka peningkatan kompetensi sosial Guru di SMP Ainul Yaqin Tahun Ajaran 2016/2017? 4) Bagaimanakah penerapan sifat tabligh rasul dalam rangka peningkatan kompetensi profesional Guru di SMP Ainul Yaqin Tahun Ajaran 2016/2017?. Tujuan Penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan penerapan sifat fathonah rasul dalam rangka peningkatan kompetensi pedagogik Guru di SMP Ainul Yaqin Tahun Ajaran 2016/2017. 2)Untuk mendeskripsikan penerapan sifat shiddiq rasul dalam rangka peningkatan kompetensi kepribadian Guru di SMP Ainul Yaqin Tahun Ajaran 2016/2017. 3) Untuk mendeskripsikan penerapan sifat amanah rasul dalam rangka peningkatan kompetensi sosial Guru di SMP Ainul Yaqin Tahun Ajaran 2016/2017. 4) Untuk mendeskripsikan penerapan sifat tabligh rasul dalam rangka peningkatan kompetensi profesional Guru di SMP Ainul Yaqin Tahun Ajaran 2016/2017. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi metode dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan empat hal. Pertama, penerapan sifat fathonah rasul dalam rangka peningkatan kompetensi pedagogik guru dilakukan dalam bentuk mengembangkan kecerdasan akalnya dengan cara selalu mengasah pemikiran intelektualnya dalam menciptakan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan melalui banyak membaca banyak buku, mengelola pembelajaran yang aktif, kreatif dan inovatif melalui mempelajari dan mendalami kepedagogikan guru. Mulai dari pemahaman materi ajar sampai tanggung jawab dalam penataan strukrur sekolah. Dan manajemen yang baik mulai administrasi sekolah sampai pengembangan sekolah. Kedua, penerapan sifat shiddiq rasul dalam rangka peningkatan kompetensi kepribadian guru dilakukan dalam tindakan guru menangani siswa yang berbuat gaduh dikelas dengan mendekatinya digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id x kemudian memberi nasihat yang baik, tidak membeda-bedakan siapa murid tersebut, dan sarat mensosialisasikan atau memusyawarahkan segala agenda dan program dengan wali murid supaya interaksi dan informasi tercipta bukan hanya omongan belaka. Ketiga, penerapan sifat amanah rasul dalam rangka peningkatan kompetensi sosial guru dilakukan dalam bentuk menjaga, mengelola, mengembangkan lembaga SMP Ainul Yaqin, menciptakan interaksi yang komunikatif kepada peserta didik dalam pembelajaran, bidang administrasi pun juga dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab. Keempat, penerapan sifat tabligh rasul dalam rangka peningkatan kompetensi professional guru dilakukan dalam bentuk guru yang mengajar sesuai dengan profesi akademiknya atau ahli dalam bidangnya, penguasaan materi, strategi dan metode yang mumpuni, serta mengetahui aspek psikis siswanya, sehingga pembelajaran akan tercipta dengan baik komunikatif interaktif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 04 Apr 2023 08:58
Last Modified: 04 Apr 2023 08:58
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21742

Actions (login required)

View Item View Item