Metode Pembelajaran Al-Qur’an Dirosati dalam Pendidikan Akhlaq Santri Taman Pendidikan Alqur’an Tarbiyatus Shibyan Dusun Tenggiling Sawo Desa Kemiri Kecamatan Panti Kabupaten Jember

Muflihati, Siti Hilmiyatul (2017) Metode Pembelajaran Al-Qur’an Dirosati dalam Pendidikan Akhlaq Santri Taman Pendidikan Alqur’an Tarbiyatus Shibyan Dusun Tenggiling Sawo Desa Kemiri Kecamatan Panti Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti Hilmiyatul Muflihati_084 101 207.pdf

Download (6MB)

Abstract

Agama Islam memerintahkan kepada umatnya untuk mempelajari serta mengajarkan kitab suci Al-Qur'an, karena Al-Qur'an adalah sumber dari segala sumber ajaran islam yang mencakup segala aspek kehidupan manusia. Tugasini menjadi tanggung jawab kita semua khususnya orang tua. Salah satu problem yang cukup mendasar adalah kondisi obyektif umat Islam dewasa ini, salah satunya adalah buta akan Al-Qur'an yang menunjukkan indikasi prestasi meningkat, hal ini perlu segera diatasi, maka giliran umat islam akan mengalami kemunduran diberbagai bidang. Keberhasilan suatu program, terutama pengajaran dalam proses belajar mengajar tidak lepas dari pemilihan metode dan menggunakan metode itu sendiri. Banyak sekali metode pengajaran oleh para pendidikan Islam, karna dengan adanya metode ini kemudian banyak berdirinya lembaga-lembaga pendidikan pengajaran Al-Qur'an seperti TPQ yang semuanya itu bertujuan untuk memberikan pengajaran terhadap anak-anak dalam membaca Al-Qur'an dan pembinaan akhlaq. Tujuan yang diharapkan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan metode pembelajaran al-qur'an dirosati dalam meningkatkan akhlak santri TPQ Tarbiyatus Shibyan Dusun Tenggiling Sawo Desa Kemiri Kecamatan Panti Kabupaten Jember Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, disebut kualitatif karena merupakan penelitian yang bermaksud memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subyek penelitian, misalnya perilaku, persepsi, tindakan dan lain-lain. Dari penelitian tersebut terungkap bahwa : 1. Dengan metode ketauladanan , pembiasaan, hafalan, bermain bercerita dan bernyayi, dan berbaris dengan rapi diharapkan santri dapat berakhlaq terpuji. Bukan hanya terhadap Allah tetapi juga terhadap sesame maupun. Dari semua metode tersebut bertujuan agar anak dengan mudah memahami pelajaran yang telah disampaikan sehingga mereka dapat menerapkan dalam kehidupan sehari-hari, dan terbukti mesti ada sebagian santri yang melanggar tetapi tidak berpengaruh terhadap santri lainnya. 2. Dalam mengimplementasikan akhlaq terpuji terhadap sesama maupun dilakukan dengan memberikan bimbingan dan penanaman yang dilakukan oleh guru saat pembelajaran dan memberikan contoh suri tauladan yang baik terhadap santri

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 04 Apr 2023 08:58
Last Modified: 04 Apr 2023 08:58
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21747

Actions (login required)

View Item View Item