Upaya Organisasi Forum Remaja Santri dan Alumni dalam Membina Kecerdasan Rohani pada Masyarakat Desa Patemon Kecamatan Bungatan Kabupaten Situbondo.

Ningsih, Siti Lutfiya (2017) Upaya Organisasi Forum Remaja Santri dan Alumni dalam Membina Kecerdasan Rohani pada Masyarakat Desa Patemon Kecamatan Bungatan Kabupaten Situbondo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SITI LUTFIYA NINGSIH_084 121 340.pdf

Download (19MB)

Abstract

Pelaksanaan program yang dilakukan oleh organisasi Forum Remaja Santri dan Alumni (FORSA) berbeda dengan organisasi santri atau alumni pesantren pada umumnya. Organisasi yang sebelumnya bernama Forum remaja Santri Patemon (FORSIPA) tersebut memiliki cakupan lingkup desa yang terbilang unik. Biasanya, organisasi santri atau alumni fokus pada lingkup salah satu pondok pesantren saja. Perjalanan organisasi ini sudah mencapai sepuluh tahun lebih dan selalu menyajikan program-program yang membina terhadap masyarakat, utamanya dalam aspek sosial keagamaan. Berbagai program seringkali digelar dalam rangka pembinaannya, maka perlu diungkap terkait program-program tersebut. Fokus penelitian yang dikaji adalah Bagaimana Upaya Organisasi Forum Remaja Santri dan Alumni dalam Membina Kecerdasan Rohani pada Masyarakat Desa Patemon Kecamatan Bungatan Kabupaten Situbondo?. Disertai subfokus sebagai berikut: (1) Bagaiman Upaya Organisasi Forum Remaja Santri dan Alumni dalam Membina Kecerdasan Rohani dengan Program Keagamaan Islam pada Masyarakat Desa Patemon Kecamatan Bungatan Kabupaten Situbondo?. (2) Bagaiman Upaya Organisasi Forum Remaja Santri dan Alumni dalam Membina Kecerdasan Rohani dengan Program Sosial Kemasyarakatan pada Masyarakat Desa Patemon Kecamatan Bungatan Kabupaten Situbondo?. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian Field Reseach-fenomenologi, tentang Upaya Organisasi FORSA dalam Membina Kecerdasan Rohani dengan program-programnya. Penelitian dilakukan di Desa Patemon Kecamatan Bungatan Kabupaten Situbondo terhadap 13 orang informan menggunakan purposive sampling, sedangkan pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisa data, peneliti menggunakan model Miles dan Huberman dan keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini dapat disimpulkan, (1) upaya pembinaan yang dilakukan anggota organisasi FORSA pada masyarakat desa Patemon dengan Program Keagamaan Islam yang meliputi tiga kegiatan, yaitu pengajian umum yang bertujuan memberi penyadaran tentang ajaran agama Islam dan pentingnya pendidikan, khotmil Qur’an yang bertujuan membumikan kitab suci umat Islam dan sholawat nariyah diselingi perbincangan terkait masalah yang terjadi di lingkungan masyarakat, program tersebut bertujuan menambah kecintaan pada nabi Muhammad SAW dengan mengenang perjuangannya. (2) upaya pembinaan anggota organisasi FORSA dengan program sosial kemasyarakatan berkenaan dengan pelaksanaan kegiatan berupa bersih-bersih lingkungan. Program tersebut bertujuan mempererat tali silaturrahmi dan menerapkan nilai bangsa, berupa gotong royong

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 04 Apr 2023 08:58
Last Modified: 04 Apr 2023 08:58
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21748

Actions (login required)

View Item View Item