Nurhasanah, Siti (2017) Implementasi pendidikan life skill di Sekolah Menengah Pertama Darussalam Wotgalih Yosowilangun Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Siti Nurhasanah_084 121 014.pdf Download (17MB) |
Abstract
Pendidikan life skill adalah pendidikan yang memberikan bekal keterampilan praktis, terpakai, terkait dengan kebutuhan pasar kerja, peluang usaha dan potensi ekonomi atau industri yang ada di masyarakat. life skill sering kali dirumuskan melalui program yang sifatnya mengarah pada kejuruan seperti program menjahit, komputer dan keterampilan lain, namun life skill tidak hanya pada satu aspek itu saja karena ada empat aspek yang termasuk dalam ruang lingkup pendidikan life skill yaitu: pertama, personal life skill dimana vriabelnya adalah (a) penghayatan diri sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa, anggota masyarakat, dan warga Negara; sera (b) menyadari dan mensyukuri kelebihan serta kekurangan yang dimiliki sebagai modal dalam meningkatkan manfaat diri bagi lingkungan. Kedua social skill variabelnya adalah kecakapan berkomunikasi atau berhubungan dengan orang lain secara empati dan penuh pengertian serta kecakapan bekerja sama. Ketiga academic skill kecakapan ini disebut dengan kemampuan berpikir ilmiah. Keempat Vocasional Skill sering disebut ketermpilan kejuruan. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana pelaksanaan program tahfizh Al-Quran di SMP Darussalam Wotgalih Yosowilangun,Lumajang tahun pelajaran 2016/2017? 2) Bagaimana pelaksanaan program khitobah di SMP Darussalam Wotgalih Yosowilangun,Lumajang tahun pelajaran 2016/2017?. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendiskripsikan pelaksanaan program tahfizh AlQuran di SMP Darussalam Wotgalih Yosowilangun,Lumajang tahun pelajaran 2016/2017 2) Mendiskripsikan pelaksanaan program khitobah di SMP Darussalam Wotgalih Yosowilangun,Lumajang tahun pelajaran 2016/2017?. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, jenis penelitian menggunakan field research, pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis diskriptif kualitatif. Keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian: diperoleh data bahwa implementasi pendidikan life skill di SMP Darusssalam dilaksanakan dengan merumuskan dua program khusus yang termasuk padaaspek personal skill dan aspek social skill yaitu 1) pelaksanaan program tahfizh Alquran dilaksanakan diluar jam sekolah dengan jadwal kegiatan setiap hari sampai jum’at. Waktu pelaksanaan setelah sholat duhur. Tempat pelaksanaan yaitu di masjid. Menggunakan metode campuran dari metode yang ada untuk menghafal. Evaluasi untuk mengukur target hafalan menggunakan buku tatib tahfizh Al-quran juga ujian setiap satu semester. Target program ini adalah siswa mampu menghafal 6 juz Al-Quran dimulai dari juz 30,29,28,27,25 2) pelaksanaan program khitobah dilaksanakan diluar jam sekolah dengan jadwal kegiatan setiap hari sampai jum’at. Waktu pelaksanaan setelah sholat duha.Tempat pelaksanaan yaitu di masjid sekolah Masjid Darussalam. Menggunakan metode naskah dan menghafal. Evaluasi menggunakan buku tatib yang didalamnya terdapat lembar rangkuman isi khitobah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Diva Magang |
Date Deposited: | 04 Apr 2023 08:58 |
Last Modified: | 04 Apr 2023 08:58 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21749 |
Actions (login required)
View Item |