Penguatan Materi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Baitul Hikmah Tempurejo Jember Tahun Pelajaran 2016/2017

Hasanah, Wahyu Nurul (2017) Penguatan Materi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Baitul Hikmah Tempurejo Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Wahyu Nurul Hasanah_084 121 185.pdf

Download (92MB)

Abstract

Pendidikan Agama Islam merupakan pendidikan yang sangat mendukung dalam membentuk karakter seorang siswa. Melihat dizaman sekarang yang minim dengan karakter yang baik maka Pendidikan Agama Islam seorang peserta didik harus lebih diperkuat lagi. Dengan Pendidikan secara teori dan peraktek juga dengan di dukung oleh kegiatan-kegiatan sebagai penguat Pendidikan Agama Islam seorang peserta didik, maka akan lebih mengena untuk tercapainya tujuan Pendidikan Agama Islam didalam suatu lembaga. Fokus penelitian ini adalah (1). Bagaimana penguatan materi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Melalui kegiatan Ekstrakurikuler Fahmil Qur’an di SMK Baitul Hikmah Tempurejo Jember Tahun Pelajaran 2016/2017? (2) Bagaimana penguatan materi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Melalui kegiatan Ekstrakurikuler Pengembangan Ubudiyah SMK Baitul Hikmah Tempurejo Jember Tahun Pelajaran 2016/2017?. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif dan jenis penelitian lapangan (field reseach) sehingga memudahkan penetili dalam mencari fakta-fakta dan dokumen yang di butuhkan untuk mendukung penelitian ini. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun analisis data yang di gunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah (1) penguatan Pendidikan Agama Islam dengan fahmil qur’an yaitu Kegiatan fahmil qur’an di jadikan sebagai penguat Pendidikan Agama Islam di SMK Baitul Hikmah. Berdasarkan teori dan hasil di lapangan maka dapat di simpulkan bahwa kegiatan fahmil qur’an bisa di jadikan penguat karena dari segi materi yaitu tafsir yang berguna untuk lebih menjelaskan atau memperinci ayat-ayat di dalam Al-Qur’an, tajwid yang berguna untuk memperbaiki bacaan-bacaan Al-Qur’an peserta didik, qiro’at yang berguna untuk memperindah lantunan peserta didik dalam melantunkan ayat suci Al-Qur’an, nahwu dan sharraf yang mendukung peserta didik dalam memahami sususnan bahasa arab yang ada di dalam Al-Qur’an. Semua materi ini sangat mendukung peserta didik untuk lebih mengembangkan ilmu pengetahuannya terkait Pendidikan Agama Islam. Dalam kegiatan fahmil qur’an di SMK Baitul Hikmah sangat mendukung dan sebagai penguatan untuk untuk pelajaran Pendidikan Agama Islam. (2) Kegiatan ubudiyah sebagai penguat Pendidikan Agama Islam. didalam kegiatan ubudiyah peserta didik bisa lebih memperkuat amaliyahnya untuk menunjang Pendidikan Agama Islam yang dipelajarinya. Di SMK Baitul Hikmah menerapkan kegiatan shalat duha bersama di sekolah saat pagi hari setiap jam 7 di sekolah, menerapkan kegiatan membaca Al-Qur’an setiap minggu hingga mampu menghatamkan 30 juz yang sering di sebut dengan istilah one week one juz, menerapkan shalat duhur berjamaah di sekolah setiap hari. Dengan adanya kegiatan ubudiyah ini peserta didik di tuntut untuk membiasakan diri melakukan digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id ix ibadah, sehingga tidak akan berat lagi jika di suruh mengamalkan Pendidikan Agama Islam yang akan di dapatkannya dikemudian hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 04 Apr 2023 08:58
Last Modified: 04 Apr 2023 08:58
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21750

Actions (login required)

View Item View Item