Musthofa, Zainul (2017) Implementasi Nilai-Nilai Etika Murid Dan Guru Dalam Kitab Ihya’u ’Ulumuddin Di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Darul Falah Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
ZAINUL MUSTHOFA_084 101 250.pdf Download (21MB) |
Abstract
Problematika pendidikan yang dirasakan mengalami kesenjangan antara perilaku peserta didik dan pendidik yang menyimpang dari nilai-nilai etika. Problem tersebut muncul diakibatkan oleh budaya orientasi pembelajaran yang berupa pemahaman materi saja, sehingga santri hanya bisa mendapat konstribusi berupa pengayaan materi pelajaran saja, tanpa memahami dan mengetahui serta melaksanakan secara langsung essensi yang ada dalam materi tersebut. Implementasi nilai-nilai etika menurut imam Al-ghozali dalam kitab Ihya’uulumuddin dalam keseharian kegiatan belajar mengajar menjadi hal yang sangat urgent. Karena dengan penanaman itulah sebenarnya akan mengefektifkan pembelajaran dan akan mengetahui arah tujuan pembelajaran yang akan dilaksanakan bersama. Oleh karena itusalah satu cara untuk mewujudkan tujuan dari pembelajaran tersebut, selain santri memahami materi pelajaran, santri langsung bias mengimplementasikan nilai-nilai etika yang ada dalam materi pelajaran tersebut. Adapun fokus penelitiannya adalah: (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran nilai–nilai etika murid dan guru dalam kitab Ihya’uulumuddin di Madrasah Diniyah PP. Darul Falah Ambulu Jember tahun 2016/2017? (2)Bagaimana implementasi dari metode pembelajaran nilai-nilai etika murid dan guru dalam kitab Ihya’uulumuddin di Madrasah Diniyah PP. Darul Falah Ambulu Jember tahun 2016/2017? Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran,dan metode pembelajaran nilai-nilai etika guru dalam kitab Ihya’u ulumuddin di Madrasah Diniyah di PP. Darul Falah Ambulu Jember tahun 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif Deskriptif. Penentuan informan menggunakan metode Purposive Sampling, teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. serta keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber. Hasil Penelitian ini menyatakan bahwa, kegiatan perencanaan yang dilakukan dalam menerapkan pendidikan tentang etika murid dan guru menurut imam Al-Ghozzali yang dikaji dalam salah satu karangannya yaitu kitab Ihya’u ‘Ulumuddin diantaranya adalah dengan (muthalaah) belajar, membuat jadwal pengajian sebelum mengaji dengan santri dan santriwati. Metode yang digunakan dalam pembelajaran di Madrasah Diniyah Darul Falah adalah dengan menggunakan metode tradisional yaitu system wetonan dan bandongan sebagaimana yang dilakukan di kebanyakan pondok-pondok pesantren yang lain. dengan didukung dengan diadakanya kegiatan-kegiatan harian telah dilaksanakan dengan baik seperti kegiatan pengajian harian, istighosah, tahlil, sholat berjama’ah dan lain-lain serta dilaksanakan program kegiatan muhadoroh yang dilakasanakan setiap seminggi sekali.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Diva Magang |
Date Deposited: | 04 Apr 2023 08:58 |
Last Modified: | 04 Apr 2023 08:58 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21751 |
Actions (login required)
View Item |