Pembelajaran Kitab Minhajul Qawim di Pondok Pesantren AL-Multazam Balung Jember

Mashuri, Moh. (2019) Pembelajaran Kitab Minhajul Qawim di Pondok Pesantren AL-Multazam Balung Jember. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Jember.

[img] Text
Moh. Mashuri_T20151265.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran kitab Minhajul Qawim merupakan kitab tradisonal yang mengkaji ilmu fikih belakangan ini jarang dikaji di pesantren. Pondok pesantren Al-Multazam merupakan pondok salaf yang dari dari sejak berdirinya hingga saat ini tetap rutin mengkaji kitab ini. Selain itu meskipun pesantren bercorak salaf penerapan pembelajarannya yang aktif menjadi sebuah keunikan tersndiri dalam pembelajaran ini. Fokus penelitian yang dalam penelitian ini ialah meliputi: 1) Bagaimana Perencanaan pembelajaran kitab Minhajul Qawim 2). Bagaimana Pelaksanaan pembelajaran kitab Minhajul Qawim 3). Bagaimana evaluasi pembelajaran kitab Minhajul Qawim. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran kitab Minhajul Qawim 2). mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran kitab Minhajul Qawim 3). Mendeskripsikan evaluasi pembelajaran kitab Minhajul Qawim ini Pondok Pesantren Al-Multazam Untuk mengidentifikasi fokus masalah tersebut, maka pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif, pendekatannya menggunakan jenis naratif. Sesuai dengan jenis penelitian tersebut pengumpulan data menggunakan Observasi, wawancara dan dokumentasi. Penentuan subjek penelitian menggukan Purposive, sedangkan untuk pengecekan keabasahan data menggunkan triangulasi sumber dan triangulasi tekhnik. Adapun hasil penelitian ini ialah 1). Perencanaan pembelajaran tidak ada, persiapan hanya berupa jadwal pelajaran dan alokasi waktu yang sudah ditetapkan yakni 1 jam. Selain itu sebelum pembelajaran hanya mewajibkan semua murid belajar terlebih dahulu sebelum belajar kitab bersama guru dan bagusnya lagi adanya tujuan yang konsisten sehingga membuat kegiatan pembelajaran menjadi aktif dan kondusif 2). Pelaksanaan pembelajaran berjalan aktif, masing-masing murid menyampaikan pendapatnya mengenai materi shalat jumat, dengan menggubakan metode tanya jawab. Pelaksanaan pembelajaran berjalan dengan optimal, murid terlihat semangat, aktif dan tidak bosan dalam pembelajaran 3). Evaluasi secara keseluruhan mengenai evaluasi tujuan guru akan menambahkan lagi tujuan pembelajaran, kemudian materi akan dikembangkan dengan menggunakan kitab fikih lain yang sudah maupun masih dipelajari dipesantren. Sedangkan penggunaan media untuk kedepannya guru menyatakan akan menambahkan media berupa kitab lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Maulida Agustiningsih
Date Deposited: 24 May 2021 08:00
Last Modified: 24 May 2021 08:00
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/2177

Actions (login required)

View Item View Item