Implementasi Metode Tahfidzul Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Desa Balung Lor Kecamatan Balung Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017.

Muslim, Ahul (2017) Implementasi Metode Tahfidzul Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Desa Balung Lor Kecamatan Balung Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ahul Muslim_ 084121051.pdf

Download (15MB)

Abstract

Al-Qur’an adalah kalam Allah yang mulia dan mendatangkan pahala bagi siapa saja yng membacanya, apalagi kepada saudara-saudara yang menghafalkannnya. Kesulitan-kesulitan dalam menghafal memang selalu ada, namun hal tersebut saat ini tidak lagi menjadi momok bagi para penghafal AlQur’an, karena sudah banyak sekali metode-metode yang muncul khususnya metode menghafal Al-Qur’an dan sudah banyak diterapkan oleh lembaga pendididkan manapun. Implementasi Tahfidzulqur’an yang banyak diterapkan oleh lembagalembaga yang berlatar belakang pesantren. Tetapi ada kalanya lembaga yang tidak berlatar belakang pesantren memasukkan tahfidzulqur’an (menghafal Al-Qur’an). Salah satunya adalah Lembaga pendidikan Zainul Hasan kecamatan Balung Lor Kabupaten Jember, lembaga tersebut merupakan suatu lembaga yang tidak bernaung dibawah naungan pondok pesantren. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana implementasi metode audio/talaqqi tahfidzulqur’an di MTs Zainul Hasan Balung Lor Kecamatan Balung Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017? 2) Bagaimana implementasi metode takrir tahfidzulqur’an di MTs Zainul Hasan Balung Lor Kecamatan Balung Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017?.Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Mendeskripsikan implementasi metode audio/talaqqi tahfidzulqur’an di MTs Zainul Hasan Balung Lor Kecamatan Balung Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. 2) Mendeskripsikan implementasi metode takrir tahfidzulqur’an di MTs Zainul Hasan Balung Lor Kecamatan Balung Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kulitatif deskriptif. Dengan subyek penelitian menggunakan purposive sampling. Tekhnik pengumpulan data menggunakan tiga, yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis model Miles dan Hubberman yaitu reduksi data, display peyajian data, dan kesimpulan. Dan keabsahan datanya menggunakan triangulasi yaitu triangulasi sumber dan tehnik. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Implementasi metode audio/talaqqi tahfidzulqur’an di MTs Zainul Hasan dalam rangka menumbuhkembangkan kemampuan siswa dalam menghafal dan memahami isi Al-Qur’an serta membantu siswa dalam meneliti bacaannya terkait tajwid dan makhorijul hurufnya. 2) Implementasi metode takrir tahfidzulqur’an di MTs Zainul Hasan dapat mengingat hafalannya dalam jangka waktu yang lama supaya hafalan yang sudah dihafalkan tetap terjaga dengan baik, kuat, dan lancar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 05 Apr 2023 07:42
Last Modified: 05 Apr 2023 07:42
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21783

Actions (login required)

View Item View Item