Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan di SMA Negeri 1 Gondangwetan Kabupaten Pasuruan.

Ismail, Aldyan (2020) Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan di SMA Negeri 1 Gondangwetan Kabupaten Pasuruan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Aldyan Ismail_T20158006.pdf

Download (7MB)

Abstract

Kata kunci: pendidikan karakter, peduli lingkungan. Kondisi lingkungan saat ini sudah sangat memprihatinkan dan mengenaskan. Hal ini dipicu oleh ulah manusia yang tidak memahami arti penting menjaga lingkungan. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan lingkungan yaitu melalui pembentukan karakter peduli lingkungan sejak dini. Pendidikan karakter peduli lingkungan juga menjadi sangat penting untuk diterapkan di lembaga manapun trutama lembaga pendidikan. Lembaga pendidikan menjadi tempat yang sangat vital dan berpengaruh terhadap proses kelangsungan pendidikan karakter peduli lingkungan. Salah satu lembaga pendidikan yang menerapkan pendidikan karakter peduli lingkungan adalah SMA Negeri 1 Gondangwetan Kabupaten Pasuruan. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah Bagaimana implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan di SMA Negeri 1 Gondangwetan Kabupaten Pasuruan? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan di SMA Negeri 1 Gondangwetan Kabupaten Pasuruan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek pada penelitian ini yaitu Kepala sekolah, guru dan siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan kajian dokumen. Analisis data yang digunakan adalah analisis model Miles dan Huberman. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Kesimpulan yang didapatkan dari penelitian ini adalah pendidikan karakter peduli lingkungan di SMA Negeri 1 Gondangwetan Pasuruan diimplementasikan dengan berbagai cara, yakni : intergrasi kurikulum, sosialisai peduli lingkungan, kegiatan sekolah tentang lingkungan dan budaya sekolah yang bertujuan mengajari dan mendidik siswa-siswi untuk lebih peduli terhadap lingkungan sekitar terutama lingkungan sekolah supaya terciptanya lingkungan belajar yang bersih, sehat, asri dan kondusif. Dalam praktiknya ada beberapa faktor yang menghambat dan mendukung dalam implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan. Faktor penghambat dan pendukung dibedakan menjadi dua yaitu faktor internal dan eksternal. Peran guru sangat penting dalam sebuah proses keberhasilan implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan di sekolah. Dalam hal ini guru mengajarkan dan mendidik siswa-siswi agar senantiasa peduli terhadap lingkungan. Guru mengajarkan siswa-siswinya untuk peduli lingkungan dengan cara memasukkan ke dalam mata pelajaran.. Kemudian dalam hal mendidik setiap guru cukup bervariatif karena pola yang diterapkan dalam mendidik siswa-siswi berbeda. Hal ini bertujuan merubah karakter siswa-siswi agar peduli terhadap lingkungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 05 Apr 2023 07:43
Last Modified: 05 Apr 2023 07:43
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21791

Actions (login required)

View Item View Item