Korelasi Tingkat Pemahaman Materi Sistem Pencernaan Terhadap Perilaku Pemilihan Makanan Siswa Kelas XI IPA SMAN 3 Jember.

Amalina, Lina Nur (2019) Korelasi Tingkat Pemahaman Materi Sistem Pencernaan Terhadap Perilaku Pemilihan Makanan Siswa Kelas XI IPA SMAN 3 Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Lina Nur Amalina_T20158005.pdf

Download (2MB)

Abstract

Sistem pencernaan merupakan materi semester ganjil kelas XI pada mata pelajaran biologi SMA. Sistem pencernaan merupakan saluran yang menerima makanan dari luar tubuh yang kemudian akan mempersiapkannya agar dapat diserap oleh tubuh. Didalam materi sistem pencernaan terdapat berbagai sub bab yang menjadi pembahasan yaitu salah satunya mengenai gangguan/kelainan pada sistem pencernaan yang diakibatkan oleh makanan dan perilaku yang tidak sehat dalam memilih makanan. Perilaku pemilihan makanan merupakan suatu bentuk tindakan seseorang terhadap makanan yang aka dikonsumsi melalui proses berfikir dari pengetahuan yang dimiliki. Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana tingkat pemahaman siswa kelas XI IPA SMAN 3 Jember terhadap materi sistem pencernaan?. 2) Bagaimana perilaku pemilihan makanan siswa kelas XI IPA SMAN 3 Jember?. 3) Bagaimana hubungan tingkat pemahaman materi sistem pencernaan terhadap perilaku pemilihan makanan siswa kelas XI IPA SMAN 3 Jember?. Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa kelas XI IPA SMAN 3 Jember terhadap materi sistem pencernaan. 2) Untuk mengetahui perilaku pemilihan makanan siswa kelas XI IPA SMAN 3 Jember. 3) Untuk mengetahui hubungan tingkat pemahaman materi sistem pencernaan terhadap perilaku pemilihan makanan siswa kelas XI IPA SMAN 3 Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Penelitian ini menggunakan metode analisis Product Moment. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMAN 3 Jember yang berjumlah 210 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Metode pengumpulan data dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Pearson Correlation. Berdasarkan hasil penelitian hubungan tingkat pemahaman materi sistem pencernaan terhadap perilaku pemilihan makanan siswa kelas XI IPA SMAN 3 Jember sebesar 0,004 < 0,05, maka Ha diterima dan Ho ditolak dengan artian ada hubungan positif antara tingkat pemahaman materi sistem pencernaan dengan perilaku pemilihan makanan. Sedangkan keeratan antara kedua variable tingkat pemahaman materi sistem pencernaan dengan perilaku pemilihan makanan adalah 0,246 yang terletak pada 0,20 – 0,399 dengan arti bahwa keeratan hubungan antara dua variable tersebut adalah “rendah”. Keyword: Pencernaan, Perilaku dan Makanan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 05 Apr 2023 07:45
Last Modified: 05 Apr 2023 07:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21795

Actions (login required)

View Item View Item