Penyesuaian Diri Siswa Program Lintas Minat Biologi Kelas IPS di SMA Negeri Jenggawah Tahun Pelajaran 2019/2020

Atiqoh, Luluk Nur (2019) Penyesuaian Diri Siswa Program Lintas Minat Biologi Kelas IPS di SMA Negeri Jenggawah Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Luluk Nur Atiqoh_T20158040.pdf

Download (8MB)

Abstract

SMA Negeri Jenggawah merupakan sekolah yang sudah menerapkan program peminatan dan lintas minat sesuai dengan kurikulum 2013. Dalam pelaksanaan proses pembelajaran terdapat beberapa masalah yang harus dihadapi baik oleh guru maupun siswa salah satunya adalah masalah yang terjadi pada siswa IPS program lintas minat biologi mereka mengalami kesulitan dalam menghafal beberapa istilah biologi, maka dari itu sangatlah dibutuhkan sikap penyesuaian diri baik dari diri siswa agar pencapaian pembelajaran biologi dapat dilakukan secara maksimal. Fokus penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana proses penentuan program lintas minat biologi di kelas IPS? 2) Bagaimana kesulitan yang di hadapi siswa IPS pada program lintas minat biologi? 3) Bagaimana upaya penyesuaian diri yang dilakukan siswa IPS program lintas minat pada pembelajaran biologi? Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian Field Research. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semi terstruktur, observasi non-partisipan dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Mata pelajaran biologi dalam program lintas minat IPS ditentukan berdasarkan hasil rapat melihat dari ketersediaan guru, jam guru serta pertimbangan prodi yang di ambil siswa ketika daftar perguruan tinggi sehingga mata pelajaran biologi sebagai program lintas minat kelas IPS. Mekanisme dalam pemilihan mata pelajaran biologi program lintas minat adalah dengan hasil penyebaran angket dan nilai rapor siswa. Pelaksanaan pembelajaran yang meliputi materi, jam pelajaran serta materi yang di sampaikan antara siswa IPS dan IPA adalah sama, jam pelajaran siswa kelas X yaitu 3 jp dan kelas XII yaitu 4 jp, sarana dan prasarana siswa IPA dan IPS sama-sama bisa mengakses. 2) Kesulitan yang di alami siswa kelas IPS program lintas minat biologi adalah kesulitan dalam menghafal beberapa istilah biologi. 3) Penyesuaian pribadi secara positif yaitu berani berkata jujur jika ada materi yang belum di pahami dan ketika melakukan diskusi ataupun ketika presentasi siswa berani berkata jujur jika pekerjaanya belum selesai dan mengemukakan masalah yang menjadi hambatan, diskusi dengan teman satu kelompoknya atau kelompok lain, konsultasi dengan guru, browsing, belajar dengan metode mind mapping dan menghafal, mengulang kembali pelajaran ketika di rumah, memfoto materi dan belajar dan LKPD untuk belajar dirumah, tidak ada ketegangan di dalam kelas. Penyesuaian sosial meliputi tidak membedakan siswa yang berprestasi dan kurang berprestasi, guru memberikan tugas kelompok ataupun individu, penilaian diambil dari keaktifan siswa, tugas keseharian siswa, ulangan harian, UTS, dan UAS, siswa IPS hanya satu yang mengikuti ekstrakurikuler PMR yang mendukung proses pembelajaran biologi. Keyword: Penyesuaian Diri, Lintas Minat, Mata Pelajaran Biologi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 05 Apr 2023 07:45
Last Modified: 05 Apr 2023 07:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21797

Actions (login required)

View Item View Item