Pengaruh Pembelajaran Menghafal Nama Latin Hewan terhadap Tingkat Pemahaman Karakteristik Morfologi Hewan pada Siswa Kelas X IPA SMA Negeri 3 Jember.

Hasan, M. Ubaidilah (2019) Pengaruh Pembelajaran Menghafal Nama Latin Hewan terhadap Tingkat Pemahaman Karakteristik Morfologi Hewan pada Siswa Kelas X IPA SMA Negeri 3 Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
M. Ubaidilah Hasan_T20158018.pdf

Download (21MB)

Abstract

Nama latin hewan merupakan istilah yang sering dipakai dalam mata pelajaran biologi, terutama pada materi taksonomi hewan (kingdom animalia) karena berkaitan dengan deskripsi dan klasifikasi organisme. Banyak kalangan siswa yang beranggapan mata pelajaran tersebut membosankan karena didominasi oleh kegiatan menghafal nama latin hewan dalam materi yang mereka pelajari, padahal menghafal menjadi prasyarat dalam aspek pemahaman. Tipe hasil belajar pada aspek menghafal berada pada tingkatan paling rendah dan menjadi dasar bagi pengetahuan atau pemahaman konsep lainnya. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ketika siswa akan memahami konsep, maka harus menghafal istilah-istilah didalam konsep tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah 1) Adakah pengaruh pembelajaran menghafal nama latin hewan terhadap tingkat pemahaman karakteristik morfologi hewan pada siswa kelas X IPA SMA Negeri 3 Jember? 2) Adakah perbedaan tingkat pemahaman karakteristik morfologi hewan antara siswa kelompok eksperimen dengan siswa kelompok kontrol di kelas X IPA SMA Negeri 3 Jember? Tujuan penelitian yang dilakukan ialah 1) Mengetahui pengaruh pembelajaran menghafal nama latin hewan terhadap tingkat pemahaman karakteristik morfologi hewan pada siswa kelas X IPA SMA Negeri 3 Jember; 2) Mengetahui perbedaan tingkat pemahaman karakteristik morfologi hewan antara siswa kelompok eksperimen dengan siswa kelompok kontrol di kelas X IPA SMA Negeri 3 Jember. Penelitian yang dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian berupa eksperimen semu (quasi exsperiment). Adapun teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes (pretest dan posttest) dan dokumentasi. Hasil data yang didapatkan dianalisis menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank dan uji Mann Whitney. Kesimpulan penelitian ini ialah 1) Ada pengaruh pembelajaran menghafal nama latin hewan terhadap tingkat pemahaman karakteristik morfologi hewan pada siswa kelas X IPA SMA Negeri 3 Jember dengan nilai signifikansi (P-value) sebesar 0,009; 2) Ada perbedaan tingkat pemahaman karakteristik morfologi hewan antara siswa kelompok eksperimen dengan siswa kelompok kontrol di kelas X IPA SMA Negeri 3 Jember dengan nilai signifikansi (P-value) sebesar 0,000. Kata Kunci: Pembelajaran, Menghafal, Nama Latin Hewan, Pemahaman, Karakteristik Morfologi Hewan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0608 Zoology > 060899 Zoology not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 05 Apr 2023 07:45
Last Modified: 05 Apr 2023 07:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21798

Actions (login required)

View Item View Item