Studi Komparatif Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X dan XI SMA Nurul Islam Jember Berdasarkan Keikutsertan dalam MSains Biologi.

Rofiqoh, Kiki (2019) Studi Komparatif Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X dan XI SMA Nurul Islam Jember Berdasarkan Keikutsertan dalam MSains Biologi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Kiki Rofiqoh_T20158038.pdf

Download (1MB)

Abstract

MSains merupakan sebuah bimbingan belajar yang masuk dalam kegiatan ektrakurikuler bertujuan untuk mengembangkan potensi siswa dalam bidang Sains. MSains terbagi menjadi dua kegiatan yaitu olimpiade biologi dan KIR (Karya Ilmiah Remaja) bidang biologi. Kegiatan MSains berdampak pada hasil belajar siswa, dimana hasil belajar adalah kemampuan-kemampuan yang dimiliki siswa setelah menerima pengalaman belajar. Hasil belajar terdiri dari ranah kognitif yang dapat dilihat dari nilai ulangan harian siswa, ranah afektif yang berupa respon belajar siswa, dan ranah psikomotorik berupa kesiapan belajar siswa. Tujuan penelitian ini: 1) Untuk mendeskripsikan hasil belajar biologi siswa kelas X dan XI SMA Nurul Islam Jember yang mengikuti MSains biologi, 2) Untuk mendeskripsikan hasil belajar biologi siswa kelas X dan XI SMA Nurul Islam Jember yang tidak mengikuti MSains biologi, 3) Untuk Mengetahui perbedaan hasil belajar biologi siswa kelas X dan XI SMA Nurul Islam Jember berdasarkan keikutsertan dalam MSains biologi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian komparasi. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas X dan XI unggulan MIA yang berjumlah 56 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Hasil belajar ranah kognitif yang mengikuti bimbingan MSains biologi memiliki nilai rata-rata 88,89, nilai rata-rata variabel hasil belajar ranah afektif sebesar 4,159 dan nilai rata-rata hasil belajar ranah psikomotorik sebesar 3,91; 2) Hasil belajar ranah kognitif siswa yang tidak mengikuti bimbingan MSains biologi memiliki nilai rata-rata 85,71, nilai rata-rata hasil belajar ranah afektif sebesar 3,64 dan nilai rata-rata hasil belajar ranah psikomotorik sebesar 3,64; 3) Berdasarkan hasil uji independen sampel t-tes pada taraf signifikansi 0,05 dari variabel hasil belajar ranah kognitif diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,032 (Sig. (2-tailed) = 0,032 < 0,05), sedangkan hasil belajar ranah afektif diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 (Sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05), dan hasil belajar ranah psikomotorik diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,013 (Sig. (2-tailed) = 0,013 < 0,05). Hasil pengujian seluruh data hasil belajar biologi siswa memperoleh nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 yang menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar biologi siswa kelas X dan XI SMA Nurul Islam Jember berdasarkan keikutsertan dalam MSains biologi. Kata kunci: MSains Biologi, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 05 Apr 2023 07:46
Last Modified: 05 Apr 2023 07:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21804

Actions (login required)

View Item View Item