Tradisi Tumpeng Sewu Sebagai Media Transformasi Nilai-nilai Pendidikan Aagama Islam Pada Masyarakat Desa Kemiren Banyuwangi.

Zumaroh, Lailatul (2017) Tradisi Tumpeng Sewu Sebagai Media Transformasi Nilai-nilai Pendidikan Aagama Islam Pada Masyarakat Desa Kemiren Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Lailatul Zumaroh_082121128.pdf

Download (7MB)

Abstract

Manusia adalah makhluk berbudaya. Artinya, ia selalu mengolah diri dan lingkungannya dalam perjalanan hidupnya dan dalam menjalani kehidupannya. Tidak seperti hewan yang hidup terutama dengan nalurinya, kemampuan bawaan yang berkembang dengan relatif sangat cepat pada tahap kehidupannya, manusia harus belajar banyak untuk dapat hidup secara layak. Pada suatu masyarakat tentu terdapat suatu kebudayaan, karena kebudayaan merupakan ide-ide, hasil karya, rasa, dan cipta dari masyarakat yang dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya tradisi Tumpeng Sewu yang ada di desa Kemiren Banyuwangi. Tumpeng Sewu merupakan salah satu ritual adat yang ada di desa Kemiren Banyuwangi. Tradidi Tumpeng Sewu dapat menjadi salah satu media transformasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam pada masyarakat Kemiren Banyuwangi. Hal ini dibuktikan dari pelaksanaannya, baik dalam bentuk tindakan maupun simbol dari hidangan yang disajikan. Fokus penelitian ini adalah, (1) Bagaimana tradisi Tumpeng Sewu sebagai media transformasi nilai pendidikan i’tiqodiyah pada masyarakat desa Kemiren Banyuwangi , (2) Bagaimana tradisi Tumpeng Sewu sebagai media transformasi nilai pendidikan amaliyah pada masyarakat desa Kemiren Banyuwangi, (3)Bagaimana tradisi Tumpeng Sewu sebagai media transformasi nilai pendidikan khuluqiyah pada masyarakat desa Kemiren Banyuwangi. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tradisi Tumpeng sebagai media transformasi nilai pendidikan i’tiqodiyah, nilai pendidikan amaliyah, dan nilai pendidikan khuluqiyah pada masyarakat desa Kemiren Banyuwangi. Dan untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian Field Research. Adapun tehnik pengumpulan data dalam skripsi ini menggunakan observasi partisipasi pasif, wawancara bebas terpimpin, dan dokumentasi. Sedangkan analisa data menggunakan model analisis data interaktif yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman dan keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa tradisi Tumpeng Sewu dapat menjadi salah satu media transformasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam yang menyangkut tiga nilai yaitu: (1)Tradisi Tumpeng Sewu sebagai media transformasi nilai pendidikan i’tiqodiyah tampak pada hidangan tumpeng, kegiatan membaca lontar Yusuf, dan rasa syukur atas nikmat yang telah diberikan vi digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id Allah swt. (2)Tradisi Tumpeng Sewu sebagai media transformasi nilai pendidikan amaliyah tampak pada kegiatan membaca lontar Yusuf, doa bersama, dan kegiatan gotong royong. (3)Traidsi Tumpeng Sewu sebagai media transformasi nilai pendidikan quluqiyah tampak pada kegiatan membaca lontar Yusuf, hidangan pecel pitiki, obor atau ajug-ajug, dan hidangan sego golong.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 05 Apr 2023 07:46
Last Modified: 05 Apr 2023 07:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21807

Actions (login required)

View Item View Item