Pengembangan Pendidikan Karakter Siswa Melalui Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Di MTs- As-Shobier Wonojati Jenggawah Jember Tahun Pelajaran 2017/2018

MUltazam, Muhammad (2018) Pengembangan Pendidikan Karakter Siswa Melalui Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Di MTs- As-Shobier Wonojati Jenggawah Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Muhammad Multazam_084131371.pdf

Download (17MB)

Abstract

Arah dan tujuan pendidikan nasional kita, seperti yang di amanatkan oleh UUD 1945, adalah peningkatan karakter peserta didik yang dalam hal ini adalah seluruh warga Negara yang mengikuti proses pendidikan di Indonesia.Karena itu, pendidikan yang membangun nilai-nilai moral atau karakter di kalangan peserta didik harus selalu mendapatkan perhatian. Fokus penilitian dalam sekripsi ini meneliti mengkaji 2 pembahasan yaitu : (1) Bagaimana pengembangan Karakter Religius siswa melalui pembelajaran Aqidah Akhlak di MTs As-Shobier Wonojati Jenggawah Tahun Pelajaran 2017/2018? (2) Bagaimana pengembangan Karakter Tanggung Jawab siswa melalui mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs As-Shobier Wonojati Jenggawah Tahun Pelajaran 2017/2018? Tujuan penelitian ini adalah(1) Untuk mendeskripsikan pengembangan karakter religius siswa melalui mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs As-Shobier Wonojati Jenggawah Tahun Pelajaran 2017/2018. (2) Untuk mendeskripsikan pengembangan Karakter Tanggung Jawab siswa melalui mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs-As-Shobier Wonojati JenggawahTahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yaitu jenis penelitiannya menggambarkan. Lokasi penelitian ini di MTs As-Shobier Wonojati Jenggawah. Penentuan informasi menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data memnggunakan: observasi, wawancara, dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan deskriftif kualitatif dengan model interaktif Miles dan Habermen melalui tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triagulasi sumber, dan triagulasi teknik. Hasil penelitian ini yaitu: (1) pengembangan karakter religius siswa melalui pembelajaran aqidah akhlak yang diterapkan dalam pengembangan pendidikan karakter siswa yaitu cara mengembangkan silabus dan RPP yang sesuai dengan materi pembelajaran aqidah akhlak, kemudian guru menganalisis materi yang akan di belajarkan dikelas agar dapat diketahui kompetensi sikap peserta didik yang akan dicapai. Menganalisa tutur kata (cara berbicara), sikap dan prilaku, serta mengetahui latar belakang peserta didiknya, (2) pengembangan karakter tanggung jawab siswa melalui mata pelajaran aqidah akhlak yaitu pendidikan karakter yang diterapkan dalam pembelajaran aqidah akhlak adalah menanamkan nilai-nilai tanggung jawab terhadap segala tugas sekolah serta patuh terhadap guru dan orang tua, dan juga saling menghargai sesam siswa, tolong menolong antar siswa yang kurang memahami pelajaran yang disampaikan oleh bapak ilhamuddin.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 05 Apr 2023 07:46
Last Modified: 05 Apr 2023 07:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21809

Actions (login required)

View Item View Item