Penanaman Karakter Bersahabat dan Komunikatif pada Sekolah Dasar Berbasis Nahdlatul Ulama Yayasan Pendidikan Islam Ma’arif Kesilir Wuluhan Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017

Misbah, Mr. (2017) Penanaman Karakter Bersahabat dan Komunikatif pada Sekolah Dasar Berbasis Nahdlatul Ulama Yayasan Pendidikan Islam Ma’arif Kesilir Wuluhan Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mr. Misbah_084111284.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan karakter dapat dimaknai sebagai pendidikan nilai, pendidikan budi pekerti, pendidikan moral, pendidikan watak, yang bertujuan mengembangkan kamampuan peserta didik untuk memberikan keputusan baikburuk, memelihara apa yang baik, mewujudkan dan menebar kebaikan itu dalam kehidupan sehari-hari dengan sepenuh hati. Pemaknaan pendidikan karakter ini mempunyai kesesuaian dengan hasil penelitian yang mengatakan karakter dapat mempengaruhi kesuksesan seseorang. Hasil penelitian di Harvard University, Amerika Serikat, menyatakan bahwa kesuksesan hanya ditentukan sekitar 20% oleh hard skils, dan sisanya 80% oleh soft skills”. Hal ini mengisaratkan bahwa mutu pendidikan karakter peserta didik sangat penting untuk ditingkatkan, karena berpengaruh terhadap kesuksesan siswa. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana penanaman karakter bersahabat pada Sekolah Dasar Berbasis Nahdlatul Ulama di YASPIM Kesilir Wuluhan Jember tahun pelajaran 2015/2016? dan (2) Bagaimana penanaman karakter komunikatif pada Sekolah Dasar Berbasis Nahdlatul Ulama di YASPIM Kesilir Wuluhan Jember tahun pelajaran 2015/2016?. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Ingin mendeskripsikan penanaman karakter bersahabat pada Sekolah Dasar Berbasis Nahdlatul Ulama di YASPIM Kesilir Wuluhan Jember tahun pelajaran 2015/2016 dan (2) Ingin mendeskripsikan penanaman karakter komunikatif pada Sekolah Dasar Berbasis Nahdlatul Ulama di YASPIM Kesilir Wuluhan Jember tahun pelajaran 2015/2016 Untuk menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan jenis penelitian studi kasus. Subyek penelitiannya menggunakan teknik purposive sampling. Dan teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Datanya dianalisis menggunakan analisis deskriptif, sedangkan dalam menguji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Penanaman karakter bersahabat pada Sekolah Dasar Berbasis Nahdlatul Ulama di YASPIM Kesilir Wuluhan Jember tahun pelajaran 2015/2016 dilakukan dengan melakukan perencanaan yang matang pada pembelajaran, menyesuaikan dengan alokasi waktu, menargetkan tercapainya kompetensi, serta menggunakan metode pembelajaran yang sesuai dengan materi pelajaran yang sudah diintegrasikan dengan muatan-muatan nilai karakter dan (2) Penanaman karakter komunikatif pada Sekolah Dasar Berbasis Nahdlatul Ulama di YASPIM Kesilir Wuluhan Jember tahun pelajaran 2015/2016 dilakukan melalui memasukkan konsep karakter pada pembelajaran dan pemantauan secara kontinyu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 05 Apr 2023 07:46
Last Modified: 05 Apr 2023 07:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21810

Actions (login required)

View Item View Item