Minat dan Motivasi Siswa Kelas X IPS pada Pembelajaran Biologi Program Lintas Minat di SMA Negeri 3 Jember Tahun Pelajaran 2018/2019

Najah, Munzidah lailatun (2019) Minat dan Motivasi Siswa Kelas X IPS pada Pembelajaran Biologi Program Lintas Minat di SMA Negeri 3 Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Munzidah Lailatun Najah_T20158009.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci: Minat, Motivasi, Program Lintas Minat Pemerintah memiliki tiga program, yakni pogram peminatan, lintas minat, dan pendalaman minat. dari ketiga program tersebut, yang menarik adalah program lintas minat. Program lintas minat di dalam Kurikulum 2013 memungkinkan siswa memilih mata pelajaran lintas minat sesuai dengan minat mereka. Di SMA Negeri 3 jember mata pelajaran untuk program lintas minat telah ditentukan oleh pihak sekolah, sehingga siswa mengikuti dan menerima mata pelajaran lintas minat yang sudah ditentukan oleh pihak sekolah. Adapun fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana motivasi belajar siswa kelas X IPS pada pembelajaran biologi program lintas minat di SMA Negeri 3 Jember tahun pelajaran 2018/2019? 2) Bagaimana minat belajar siswa kelas X IPS pada pembelajaran biologi program lintas minat di SMA Negeri 3 Jember tahun pelajaran 2018/2019? 3) Faktor apa sajakah yang mempengaruhi motivasi dan minat siswa kelas X IPS pada pembelajaran biologi program lintas minat di SMA Negeri 3 Jember tahun pelajaran 2018/2019? 4) Bagaimana proses pemilihan dan pelaksanaan mata pelajaran biologi program lintas minat kelas X IPS di SMA Negeri 3 Jember tahun pelajaran 2018/2019?. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Penentuan sumber data pada penelitian ini dilakukan secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan melalui angket terbuka, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan analisis data model Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun kesimpulan dari penelitian ini yaitu: 1) Motivasi siswa yang teramati berupa kesiapan siswa sebelum memulai pembelajaran, menemukan solusi apabila ada kesulitan, belajar mandiri. 2) Minat siswa kelas X IPS 1, X IPS 2 dan X IPS 3 berbeda-beda. Dari 100 siswa, 84 siswa yang tertarik dengan adanya mata pelajaran biologi, sedangkan 16 siswa tidak tertarik dengan mata pelajaran biologi. 3) Faktor internal minat dan motivasi siswa kelas X IPS SMA Negeri 3 Jember ini didasarkan karena kesukaan dengan mata pelajaran biologi. Untuk faktor eksternal minat dan motivasi siswa kelas X IPS SMA Negeri 3 Jember dipengaruhi oleh jam mata pelajaran, materi dan juga metode yang digunakan guru saat proses pembelajaran berlangsung. 4) Pemilihan mata pelajaran biologi sebagai mata pelajaran program lintas minat ini atas pertimbangan pemenuhan kekurangan jam guru mata pelajaran biologi di SMA Negeri 3 Jember, sehingga pihak sekolah memilih mata pelajaran biologi menjadi mata pelajaran program lintas minat untuk kelas X IPS Tahun Pelajaran 2018/2019, dan pemilihan mata pelajaran program lintas minat ini tanpa angket, akan tetapi pihak sekolah sendiri yang langsung menetapkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 05 Apr 2023 07:46
Last Modified: 05 Apr 2023 07:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21811

Actions (login required)

View Item View Item