Peranan Hukuman dalam Pembentukan Karakter Kedisiplinan Bagi Siswa Tahun Ajaran 2015/2016 (Studi Kasus Madrasah Aliyah Nurul-Huda Koncer Darul Aman Bondowoso).

Syamsuddin, Mr. (2016) Peranan Hukuman dalam Pembentukan Karakter Kedisiplinan Bagi Siswa Tahun Ajaran 2015/2016 (Studi Kasus Madrasah Aliyah Nurul-Huda Koncer Darul Aman Bondowoso). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mr. Syamsuddin_084101330.pdf

Download (8MB)

Abstract

Salah satu indikator keberhasilan sebuah pendidikan ditandai dengan adanya perubahan yang positif dalam karakter suatu bangsa itu sendiri. Karakter memberikan gambaran tentang suatu bangsa, sebagai penanda, penciri sekaligus pembeda suatu bangsa dengan bangsa yang lainnya. Karakter memberikan arahan tentang bagaimana bangsa itu menapaki dan melewati suatu zaman dan mengantarkannya pada suatu derajat tertentu. Bangsa yang besar adalah bangsa yang memiliki karakter yang mampu membangun suatu peradapan besar yang kemudian mempengaruhi perkembangan dunia. Demikianlah yang pernah terjadi dalam sebuah perjalanan sejarah. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah Bagaimana peranan hukuman dalam Pembentukan Karakter Kedisiplinan Bagi Siswa Tahun Ajaran 2015/2016 (Studi Kasus Madrasah AliyahNurul-Huda Koncer Darul Aman Bondowoso)? Skripsi ini bertujuan untuk : 1) Untuk mendiskripsikan apa saja bentuk hukuman yang diterapkan pada siswa di Madrasah Aliyah Nurul-Huda Koncer Darul Aman Bondowoso Tahun Ajaran 2015/2016. 2) Untuk mendiskripsikan cara penerapan bentuk hukuman tersebut yang digunakan di Madrasah Aliyah Nurul-Huda Koncer Darul Aman Bondowoso Tahun Ajaran 2015/2016. 3) Untuk mendiskripsikan peran penerapan hukuman bagi pembentukan karakter kedisiplinan siswa di Madrasah Aliyah Nurul-Huda Koncer Darul Aman Bondowoso Tahun Ajaran 2015/2016. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode observasi, interview, dan dokumentasi. Dari data yang sudah terkumpul selanjutnya di analisis dengan menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penaikan kesimpulan serta data yang di analisis dengan teknik triangulasi sumber dan metode. Berdasarkan hasil temuan penelitian maka dapat disimpulkan bahwa Peranan hukuman dalam pembentukan karakterker disiplinan bagi siswa tahun ajaran 2015/2016 di Madrasah Aliyah Nurul Huda meliputi : hukuman assosiatif, hukuman logis, hukuman normatif, hukuman mental atau psikis. Pelaksanaan sangsi atau hukuman di Madrasah Aliyah Nurul Huda Koncer Darul Aman Bondowoso dilaksanakan oleh Kepala Bidang (Kabid) Keamanan Pesantren. Pembentukan sikap disiplin siswa dalam penerapan hukum di Madrasah Aliyah Nurul Huda Koncer Darul Aman menimbulkan dampak Positif dan Negatif. Hukuman yang di terapkan di Madrasah Aliyah Nurul Huda Bondowoso, mengacu pada Undang-undang Pesantren dan Tata Tertib sekolah. Dan hukumannya di klasifikasikan menjadi tiga yaitu : Hukuman berat, sedang dan ringan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 05 Apr 2023 07:46
Last Modified: 05 Apr 2023 07:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21812

Actions (login required)

View Item View Item