Saputri, Nadya Ledi (2019) Pemanfaatan Laboratorium IPA dalam Menunjang Pembelajaran Biologi di MA Darus Sholah Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Nadya Ledi Saputri_T20158014.pdf Download (2MB) |
Abstract
Kata Kunci: Laboratorium, Pemanfaatan, Faktor pendukung dan penghambat Peningkatan mutu pendidikan bisa dilakukan melalui kegiatan pembenahan sarana dan prasarana, disamping faktor-faktor lainnya. Standar Nasional Pendidikan pada pokok pemaparannya juga membicarakan standar sarana dan prasarana. Hal ini dapat dilihat dari Peraturan Pemerintahan Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan pasal 42. Dari latar belakang yang telah peneliti buat, alasan peneliti mengambil judul penelitian “Pemanfaatan Laboratorium IPA dalam Menunjang Pembelajaran Biologi di MA Darus Sholah Jember” adalah peneliti ingin menggali lebih dalam lagi mengapa Laboratorium IPA di MA Darus Sholah Jember tidak terawat dengan baik meski sering digunakan untuk praktikum dan faktor apa saja yang menghambat serta mendukung keberlangsungan pemanfaatan Laboratorium IPA di MA Darus Sholah Jember. Adapun fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana pemanfaatan laboratorium IPA dalam menunjang pembelajaran biologi di MA Darus Sholah Jember? 2) Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pemanfaatan laboratorium IPA dalam menunjang pembelajaran biologi di MA Darus Sholah Jember?. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan, (field research). Penentuan sumber data pada penelitian ini dilakukan secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan analisis data model Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa, 1) Pemanfaatan laboratorium IPA di MA Darus Sholah Jember dapat dikatakan baik dalam menunjang pembelajaran biologi di sekolah. Hal tersebut dapat dilihat dari pelaksanaan praktikum yang telah memenuhi standar minimal penggunaan laboratorium menurut Permendiknas No. 24 tahun 2007. Dari segi alat atau bahan yang ada di laboratorium masih memiliki kekurangan. Dari segi kesesuaian alat dan bahan dengan materi dapat dikatakan sesuai. Dan dari alokasi waktu yang dibutuhkan saat praktikum tidak mengganggu jadwal mata pelajaran lain atau jadwal praktikum kelas lainnya. 2) Faktor pendukung nya adalah sumber daya, lingkungan belajar dan kreatifitas guru. Faktor penghambatnya yaitu tidak adanya tenaga laboran, kurangnya tempat membersihkan alat praktikum dan tidak adanya teknisi laboratorium yang menyebabkan guru harus bekerja dan mempersiapkannya sendiri.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0602 Ecology > 060299 Ecology not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | Ms Retno Amelia |
Date Deposited: | 05 Apr 2023 07:46 |
Last Modified: | 05 Apr 2023 07:46 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21814 |
Actions (login required)
View Item |