Pengaruh Pendidikan Gizi terhadap Pengetahuan dan Perilaku Ibu-Ibu Kelurahan Kebon Agung dalam Penggunaan Monosodium Glutamat.

Jannah, Nur Fiqhia Miftahul (2019) Pengaruh Pendidikan Gizi terhadap Pengetahuan dan Perilaku Ibu-Ibu Kelurahan Kebon Agung dalam Penggunaan Monosodium Glutamat. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nur Fiqhia Miftahul Jannah_T20158032.pdf

Download (6MB)

Abstract

Monosodium Glutamat adalah bentuk garam turunan dari Asam Glutamat (C5H9NO4) yang digunakan sebagai bahan penyedap sintetis. Penggunaan bahan penyedap ini banyak dilakukan oleh ibu-ibu rumah tangga di Kelurahan Kebon Agung. Pengetahuan dan perilaku ibu-ibu rumah tangga dalam penggunaan Monosodium Glutamat ini tentu ada kaitannya dengan pendidikan gizi di daerah tersebut. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan pendidikan gizi ibuibu di Kelurahan Kebon Agung, untuk mendeskripsikan pengetahuan ibu-ibu Kelurahan Kebon Agung tentang penggunaan Monosodium Glutamat, untuk mendeskripsikan perilaku ibu-ibu Kelurahan Kebon Agung dalam penggunaan Monosodium Glutamat, untuk mengetahui pengaruh pendidikan gizi terhadap pengetahuan dan perilaku ibu-ibu Kelurahan Kebon Agung dalam penggunaan Monosodium Glutamat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan penelitian survei. Teknik sampling yang digunakan yaitu Single Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Adapun hasil data penelitian dianalisis menggunakan Analisis Regresi Linier Sederhana melalui program SPSS vs.16. Berdasarkan hasil penelitian, nilai mean pendidikan gizi ibu-ibu di Kelurahan Kebon Agung sebesar 18,15, sehingga masuk dalam kategori cukup. Nilai mean pengetahuan ibu-ibu tentang penggunaan Monosodium Glutamat sebesar 18,94 dan perilaku ibu-ibu dalam menggunakan Monosodium Glutamat sebesar 18,79, sehingga keduanya masuk dalam kategori baik. Berdasarkan hasil analisis melalui program SPSS vs. 16 pengaruh pendidikan gizi lemah terhadap pengetahuan dan perilaku ibu-ibu. Kesimpulan penelitian ini yaitu pendidikan gizi ibu-ibu di Kelurahan Kebon Agung masuk dalam kategori cukup, sedangkan pengetahuan dan perilaku ibu-ibu Kelurahan Kebon Agung masuk dalam kategori baik. Pengaruh pendidikan gizi lemah terhadap pengetahuan dan perilaku ibu-ibu Kelurahan Kebon Agung dalam penggunaan Monosodium Glutamat karena pemberikan materi tentang Monosodium Glutamat hanya dilakukakan dengan cara menyisipkan materi ketika pelaksanaan penyuluhan gizi makanan serta kurangnya motivasi ibu-ibu dalam mengikuti kegiatan EMO DEMO. Oleh karena itu pengaruh pendidikan gizi lemah dan lebih kuat pengaruh dari luar/faktor lain di luar pendidikan gizi, baik faktor internal maupun eksternal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 05 Apr 2023 07:47
Last Modified: 05 Apr 2023 07:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21816

Actions (login required)

View Item View Item