Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Pencemaran Lingkungan di Kelas X MIPA SMAN Rambipuji.

Solikha, Nurifatus (2019) Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Pencemaran Lingkungan di Kelas X MIPA SMAN Rambipuji. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nurifatus Solikha_T20158001.pdf

Download (33MB)

Abstract

CTL adalah konsep pembelajaran yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkannya dengan situasi nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sehari-hari. Model ini cocok untuk diterapkan agar siswa lebih aktif dan mampu berpikir kreatif saat proses pembelajaran berlangsung. Model CTL disini guru hanya sebagai fasilitator atau menjembatani pengetahuan siswa dengan kehidupan mereka sehari-hari. Sedangkan berpikir kreatif sendiri adalah sebuah kebiasaan dari pikiran yang dilatih dengan memerhatikan intuisi, menghidupkan imajinasi, mengungkapkan kemungkinankemungkinan baru, membuka sudut pandang yang menakjubkan, dan membangkitkan ide-ide yang tidak terduga. Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah 1) bagaimana pengaruh model Contextual Teching and Learning (CTL) terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi pencemaran lingkungan di kelas X MIPA SMAN Rambipuji?, 2) bagaimana perbedaan keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi pencemaran lingkungan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol di kelas X MIPA SMAN Rambipuji?. Tujuan dari penelitian ini 1) untuk mengetahui pengaruh model Contextual Teching and Learning (CTL) terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi pencemaran lingkungan di kelas X MIPA SMAN Rambipuji, 2) untuk mengetahui perbedaan keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi pencemaran lingkungan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol di kelas X MIPA SMAN Rambipuji. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Eksperimen Semu (Quasi Experiment Design). Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas X MIPA SMAN Rambipuji dan sampelnya siswa kelas X MIPA 1 dan MIPA 2. Teknik pengambilan sampel menggunakan Sampel Bertujuan (Purposive Sample). Metode pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon. Kesimpulan penelitian ini ialah 1) ada pengaruh model Contextual Teaching And Learning (CTL) terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi pencemaran lingkungan di kelas X MIPA SMAN Rambipuji dengan nilai signifikansi (2-tailed) variabel keterampilan berpikir kreatif diperoleh hasil sebesar 0,000 0,05, 2) ada perbedaan keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi pencemaran lingkungan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol di kelas X MIPA SMAN Rambipuji dengan nilai signifikansi 0,000. Keyword : CTL (Contextual Teaching and Learning), berpikir kreatif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 05 Apr 2023 07:47
Last Modified: 05 Apr 2023 07:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21818

Actions (login required)

View Item View Item