Pendidikan Agama Islam Pada Anak Tunagrahita di Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa Negeri Patrang Jember Tahun 2016/2017.

Mukarromah, Qoribatul (2017) Pendidikan Agama Islam Pada Anak Tunagrahita di Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa Negeri Patrang Jember Tahun 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Qoribatul Mukarromah_084131149.pdf

Download (5MB)

Abstract

Sekolah merupakan pendidikan formal yang di dalamnya terdapat mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang sangat penting bagi semua manusia baik yang normal ataupun yang berkebutuhan khusus, untuk dapat mencapai sistem pendidikan dan pengajaran yang baik di sekolah diperlukan adanya tujuan, materi, metode, dan evaluasi pendidikan dengan mengikuti perkembangan kurikulum. Mengingat begitu urgennya Pendidikan Agama Islam dalam pendidikan yang akan membentuk peserta didik yang berakhlakul karimah pada anak keterbelakangan mental dan mengamalkan ajaran Islam seutuhnya di Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa Negeri Patrang Jember, maka peneliti merasa tertarik untuk mengadakan penelitian di sekolah tersebut. Sedangkan fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana tujuan Pendidikan Agama Islam pada anak tunagrahita di SMPLB Negeri Patrang Jember Tahun Pelajaran 2016/2017? (2) Bagaimana metode Pendidikan Agama Islam pada anak tunagrahita di SMPLB Negeri Patrang Jember Tahun Pelajaran 2016/2017? (3) Bagaimana materi Pendidikan Agama Islam pada anak tunagrahita di SMPLB Negeri Patrang Jember Tahun Pelajaran 2016/2017? (4) Bagaimana evaluasi Pendidikan Agama Islam pada anak tunagrahita di SMPLB Negeri Patrang Jember Tahun Pelajaran 2016/2017? Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tujuan Pendidikan Agama Islam pada anak tunagrahita, metode Pendidikan Agama Islam pada anak tunagrahita, materi Pendidikan Agama Islam pada anak tunagrahita, evaluasi Pendidikan Agama Islam pada anak tunagrahita di SMPLB Negeri Patrang Jember. Dan untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian Field Reseach-fenomenologi. Adapun tehnik pengumpulan data dalam skripsi ini menggunakan observasi partisipasi pasif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Sedangkan analisa data menggunakan model John W Creswell dan keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa di Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa Negeri Patrang Jember terdapat Pendidikan Agama Islam yang menyangkut empat aspek (1) Pendidikan Agama Islam pada anak tunagrahita pada aspek tujuan yang tidak berbeda jauh dengan sekolah-sekolah pada umumnya yaitu membentuk kepribadian yang berakhlak mulia, agar peserta didik dapat menghayati dan memahami ajaran Islam secara menyeluruh serta menjadikan Islam sebagai pandangan hidup, (2) Pendidikan Agama Islam pada anak tunagrahita pada aspek materi, sama persis dengan materi PAI di sekolah lain hanya saja pendidik melakukan modifikasi atau penyederhanaan materi (3) Pendidikan Agama Islam pada anak tunagrahita pada aspek metode yakni metode yang digunakan di sekolah ini tidak hanya metode klasik seperti ceramah saja, tetapi dalam proses pembelajaran guru PAI juga menggunakan metode-metode pembelajaran aktif. Metode pembelajarannya seperti menerapkan metode tanya jawab, kelompok, diskusi, dan pemecahan masalah (problem solving). (4) Pendidikan Agama Islam pada anak tunagrahita pada aspek evaluasi yaitu sudah menggunakan evaluasi autentik, meskipun dalam tahap percobaan, seperti penilaian unjuk kerja (performance), penilaian sikap, penilaian tertulis (paper and pencil test), penilaian melalui kumpulan hasil kerja/karya peserta didik (portofolio), dan penilaian tes lisan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 05 Apr 2023 07:47
Last Modified: 05 Apr 2023 07:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21821

Actions (login required)

View Item View Item