Implementasi Pembelajaran Ekstrakurikuler Matematika pada Sanggar Matematika di SMA Negeri Ambulu Jember Tahun 2018/2019.

Indrawati, Yuni (2019) Implementasi Pembelajaran Ekstrakurikuler Matematika pada Sanggar Matematika di SMA Negeri Ambulu Jember Tahun 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Yuni Indrawati_T20157033.pdf

Download (3MB)

Abstract

Menyongsong era perdagangan bebas dengan mempersiapkan generasi muda yang terampil, cerdas dan lebih cepat merampungkan studi dari waktu normal, sokolah harus memiliki strategi dan wadah untuk mewujudkan itu semua. Salah satu cara yang dilakukan untuk mempertahankan eksistensi pendidikan ialah dengan menerapkan ekstrakuriuler matematika pada sanggar matematika di SMA Negeri Ambulu Jember Tahun 2018/ 2019. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka fokus penelitian adalah : 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran ekstrakurikuler matematika pada sanggar matematika di SMA Negeri Ambulu Jember Tahun 2018/2019?. 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran ekstrakurikuler matematika pada sanggar matematika di SMA Negeri Ambulu Jember Tahun 2018/2019?, 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran ekstrakurikuler matematika pada sanggar matematika di SMA Negeri Ambulu Jember Tahun 2018/2019?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran ekstrakurikuler matematika pada sanggar matematika di SMA Negeri Ambulu Jember tahun 2018/2019, 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran ekstrakurikuler matematika pada sanggar matematika di SMA Negeri Ambulu Jember 2018/2019, 3) Untuk mendeskripsikan evaluasi pembelajaran ekstrakurikuler matematika pada sanggar matematika di SMA Negeri Ambulu Jember Tahun 2018/2019. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptis dengan jenis penelitian lapangan (Field Research). Penentuan subjek penelitian secara Porposive Sampling. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data secara interaktif, dengan langkahlangkah yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitiannya adalah: 1) Perencanaan pembelajaran ekstrakurikuler matematika menerapkan rencana tujuan yang disesuaikan dengan tujuan pendidikan matematika nasional, rencana materi beracuan pada silabus yang digunakan sekolah, meskipun ada rancangan lain diluar silabus yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa, rencana media untuk menggunakan alat peraga matematika dan media ICT, rencana evaluasi menggunakan penilaian proses dengan mengamati kemampuan afektif siswa 2) pelaksanaan pembelajaran ekstrakurikuler matematika menerapkan pendalaman materi yang di sesuaikan dengan kebutuhan siswa, metode pembelajaran yang masih menggunakan metode ceramah dan penggunaan media pembelajaran yang saat ini masih menggunakan media berupa alat tulis dan buku pegangan guru 3) evaluasi pembelajaran ekstrakurikuler matematika diterapkan dengan pengamatan dan pemberian nilai yang mana penilaian lebih ditekankan kepada proses.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 05 Apr 2023 07:49
Last Modified: 05 Apr 2023 07:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21825

Actions (login required)

View Item View Item