Penerapan Pembelajaran Kaligrafi dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Kelas IX F di Sekolah Menengah Pertama Plus Darus Sholah Jember Tahun Pelajaran 2018/2019

Handayani, Alviyah Nurul (2019) Penerapan Pembelajaran Kaligrafi dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Kelas IX F di Sekolah Menengah Pertama Plus Darus Sholah Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Alviyah Nurul Handayani_084 141 035.pdf

Download (38MB)

Abstract

Kaligrafi merupakan khasanah kebudayaan Islam, secara tradisional yang terus hadir sepanjang riuh dalam perkembangan agama Islam, karena berfungsi sebagai bahasa visual dari ayat-ayat suci. Salah satu problematika pembelajaran kaligrafi yang memang murni menggunakan bahasa Arab, peserta didik mengalami kesulitan dalam hal menulis Arab karena berbagai alasan, yaitu menulis bahasa Arab di mulai dari sebelah kanan atau latar pendidikan peserta didik menjadi salah satu kendala dalam pembelajaran bahasa Arab khususnya menulis. Hal ini membutuhkan suatu sorotan khusus yang menjadikan tulisan bahasa Arab menjadi sebuah tulisan yang tidak menyulitkan peserta didik, bahkan menjadi sebuah kesenangan dan hobi. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan pembelajaran kaligrafi dalam membentuk karakter kenali diri sendiri peserta didik kelas IX F di Sekolah Menengah Pertama Plus Darus Sholah Jember tahun pelajaran 2018/2019?; 2)Bagaimana penerapan pembelajaran kaligrafi dalam membentuk karakter kesabaran peserta didik kelas IX F di Sekolah Menengah Pertama Plus Darus Sholah Jember tahun pelajaran 2018/2019?; 3)Bagaimana penerapan pembelajaran kaligrafi dalam membentuk karakter ketekunan peserta didik kelas IX F di Sekolah Menengah Pertama Plus Darus Sholah Jember Tahun Pelajaran 2018/2019?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran kaligrafi dalam membentuk karakter kenali diri sendiri, kesabaran dan ketekunan peserta didik kelas IX F di Sekolah Menengah Pertama Plus Darus Sholah Jember tahun pelajaran 2018/2019. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah penelitian field research. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber sumber dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Penerapan pembelajaran kaligrafi dalam membentuk karakter kenali diri peserta didik terjadi melalui proses pembelajaran didalam kelas dengan melihat dan menganalisis masing-masing bentuk tulisan tangan/kaligrafi peserta didik. 2) Penerapan pembelajaran kaligrafi dalam membentuk karakter kesabaran peserta didik terjadi melalui proses di dalam kelas dengan dua faktor yaitu faktor internal dan eksternal. 3) Penerapan pembelajaran kaligrafi dalam membentuk karakter ketekunan peserta didik terjadi melalui proses pembelajaran didalam kelas. Hal ini terlihat ketika proses pembelajaran kaligrafi berlangsung, dari segi penulisan kaligrafi peserta didik dari hari ke hari semakin bagus dan bervariasi, akan tetapi yang lebih dominan ada faktor eksternal dalam ketekunan peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 05 Apr 2023 07:46
Last Modified: 05 Apr 2023 07:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21829

Actions (login required)

View Item View Item