Strategi Peningkatan DPK melalui Produk Tabungan Hari Raya Idul Fitri di BMT UGT Sidogiri Capem Pujer Bondowoso

Rahman, Taufiqur (2020) Strategi Peningkatan DPK melalui Produk Tabungan Hari Raya Idul Fitri di BMT UGT Sidogiri Capem Pujer Bondowoso. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Jember.

[img] Text
Taufiqur Rahman_E20151194.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pemasaran merupakan ujung tombak bagi seluruh bidang usaha profit baik barang atau jasa. Grafik perkembangannya sangat bergantung pada kuat tidaknya dalam pemasaran.Maka memerlukan strategi-strategi dalam menguasai pasar yang sesuai kebutuhan dan keinginan konsumen agar produknya dapat terjual, sehingga jumlah konsumen dapat meningkat secara signifikan.Semacam kebutuhan persiapan keuangan untuk menghadapi perayaan hari raya Idul Fitri.Di sini peneliti ingin meneliti penerapan strategi pemasaran BMT UGT Sidogiri Capem Pujer dalam meningkatkan jumlah nasabah melalui pemasaran produk Tabungan Hari Raya Idul Fitri. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana strategi peningkatan jumlah DPK melalui produk tabungan hari raya Idul Fitri Di BMT UGT Sidogiri Cabang Pembantu Pujer Bondowoso? (2) Apa saja faktor-faktor yang bisa meningkatkan DPK melalui produk tabungan hari raya idul fitri Di BMT UGT Sidogiri Cabang pembantu Pujer Bondowoso? Penelitian ini bertujuan: (1) Mendeskripsikan strategi peningkatan jumlah DPK melalui produk tabungan hari raya idul fitri Di BMT UGT Sidogiri Capem Pujer Bondowoso. (2) Mendeskripsikan faktor-faktor peningkatan DPK melalui produk tabungan hari raya idul fitri Di BMT UGT Sidogiri Capem Pujer Bondowoso. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Penentuan subyek penelitian menggunakan teknik purposive, sedang metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif. Metode keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber. Kesimpulan dari penelitian ini yakni: (1) Menggunakan strategi 4P. Pertama, Strategi produk yang menarik dengan jumlah menabung yang murah yaitu setiap hari menyetor Rp. 1.000,-. Kedua, Strategi harga, Dengan nominal kecil namun bagi hasil yang menguntungkan dengan menggunakan akad wadhiah yad dhamanah dan mudharabah.Ketiga, Strategi promosi, Melalaui sosialisasi, maupun mengunjungi nasabah secara langsung. Terakhir, Strategi pelayanan, BMT UGT Capem Pujer memberikan pelayanan maksimal dan keamanan transaksi. (2) Faktor yang mempengaruhi peningkatan DPK. Pertama, produk ini membantu bagi nasabah ketika menjelang hari raya idul fitri. Kedua, faktor lingkungan.Kebiasaan di pasar dicetak supaya gemar menabung.Ketiga, faktor pengetahuan konsumen tentang produk tabungan ini, dapat melalui costumer to costumer, antar teman, tetangga, atau bidang pemasaran. Kata kunci: Strategi Pemasaran, DPK, Tabungan Idul Fitri, BMT UGT Sidogiri

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140299 Applied Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Maulida Agustiningsih
Date Deposited: 25 May 2021 04:00
Last Modified: 25 May 2021 04:00
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/2183

Actions (login required)

View Item View Item