Ziadatun, Nafisah (2023) Upaya Peningkatan Loyalitas Pelanggan di Depot Air Minum Masak di Pondok Pesantren Al-Ishlah Jenggawah Jember Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.
Text
ZIADATUN NAFISAH_E20192366.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK
Ziadatun Nafisah,2023:Upaya Peningkatan Loyalitas Pelanggan Di Depot Air
Minum Masak Di Pondok Pesantren Al-Ishlah Jenggawah Jember Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam.
Kata kunci : Loyalitas pelanggan, Pemasaran, Kualitas Produk, Harga, Etika
Bisnis Islam
Pondok Pesantren Al-Ishlah membuka bisnis depot air minum yang di
mana proses produksinya, yaitu dengan cara merebus air baku menjadi air minum.
Berbeda dengan bisnis depo lain yang prosesnya hanya menggunakan filtrasi,
sehingga hal tersebut menjadi daya tarik di masyarakat untuk membeli dan
mengkonsumsinya.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana upaya
peningkatan loyalitas pelanggan melalui pemasaran di depot air minum masak di
Pondok Pesantren Al-Ishlah Jenggawah dalam perspektif etika bisnis Islam? 2)
Bagaimana upaya peningkatan loyalitas pelanggan melalui pelayanan di depot air
minum masak di Pondok Pesantren Al-Ishlah Jenggawah dalam perspektif etika
bisnis Islam? 3) Bagaimana upaya peningkatan loyalitas pelanggan melalui
kualitas produk dan harga di depot air minum masak di Pondok Pesantren Al-
Ishlah Jenggawah dalam perspektif etika bisnis Islam?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk menganalisis upaya peningkatan
loyalitas pelanggan melalui pemasaran di depot air minum masak di Pondok
Pesantren Al-Ishlah Jenggawah dalam perspektif etika bisnis Islam? 2) untuk
Menganalisis upaya peningkatan loyalitas pelanggan melalui pelayanan di depot
air minum masak di Pondok Pesantren Al-Ishlah Jenggawah dalam perspektif
etika bisnis Islam? 3) Untuk menegetahui upaya peningkatan loyalitas pelanggan
melalui kualitas produk dan harga di depot air minum masak di Pondok Pesantren
Al-Ishlah Jenggawah dalam perspektif etika bisnis Islam?
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan
jenis deskriptif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara,
observasi dan dokumentasi, sedangkan teknis analisis datanya menggunakan
reduksi data, penyajian data dan verifikasi data.
Adapun hasil dari penelitian ini: 1) Upaya dalam pemasarannya dengan
cara memasarkannya dari mulut kemulut, dari para santri, group Whatshapp para
alumni PP. Al-ishlah dan juga agen di beberapa desa. 2) dalam pelayanannya
mengedepankan kejujuran, amanah dan hubungan yang harmonis dengan para
konsumen serta mengedepankan kepuasan pelanggan dengan cara mengantar
pesanan serta menjemput galon kosong pada agen ataupun reseller dan sealalu
mengadakan evaluasi untuk lebih baik lagi, depot air minum masak mempunyai
program bulanan yaitu program berbagi rezeki kepada para janda dan dhuafa’. 3)
mengutamakan kepuasan pelanggan dengan memberi produk yang berkualitas
dengan harga yang bisa dijangkau oleh masyarakat menengah kebawah sehingga
para pelanggan tetap loyal dan tidak terbebani masalah tingginya harga
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140102 Macroeconomic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms Ziadatun Nafisah |
Date Deposited: | 05 Apr 2023 08:08 |
Last Modified: | 05 Apr 2023 08:08 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21835 |
Actions (login required)
View Item |