Korelasi Kecemasan Matematika (Math Anxiety) dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 1 Arjasa Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019.

Mufrodi, Imam (2019) Korelasi Kecemasan Matematika (Math Anxiety) dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 1 Arjasa Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
IMAM MUFRODI_T20157041.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata Kuci : Kecemasan Matematika (Math Anxiety), Hasil Belajar Kecemasan matematika adalah kondisi siswa yang selalu merasa khawatir atau tertekan, perasaan takut, tegang dalam menghadapi persoalan matematika atau dalam melakasanakan pembelajaran matematika dengan berbagai bentuk gejala yang ditimbulkan oleh pribadi masing-masing. Berkembangnya gejala kecemasan matematika (math anxiety) sangat mengkhawatirkan, sehingga pembelajaran matematika menjadi kurang efektif. Apabila kecemasan dalam belajar matematika telah mendominasi pikiran seseorang, maka ia akan sulit berpikir dan berkonsentrasi yang akhirnya siswa akan enggan belajar matematika dan cenderung menjauh dari lingkungan matematika. Sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar matematika siswa. Semakin tinggi tingkat kecemasan matematika siswa semakin rendah hasil belajar matematika siswa. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana deskripsi kecemasan matematika (math anxiety) siswa kelas VIII SMPN 1 Arjasa Kabupaten Jember tahun pelajaran 2018/2019? 2) Bagaimana deskripsi hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Arjasa Kabupaten Jember tahun pelajaran 2018/2019? 3) Adakah korelasi yang signifikan antara kecemasan matematika (math anxiety) dengan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Arjasa Kabupaten Jember tahun pelajaran 2018/2019? Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Mendeskripsikan kecemasan matematika (math anxiety) siswa pada mata pelajaran matematika kelas VIII SMPN 1 Arjasa Kabupaten Jember tahun pelajaran 2018/2019. 2) Mendeskripsikan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas VIII SMPN 1 Arjasa Kabupaten Jember tahun pelajaran 2018/2019. 3) Mengetahui korelasi yang signifikan antara kecemasan matematika (math anxiety) dengan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Arjasa Kabupaten Jember tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi sebanyak 184 siswa dan responden sebanyak 126 siswa, untuk pengambilan sampel menggunakan proportionate random sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, angket dan dokumentasi. Selanjutnya untuk menganalisis data yang diperoleh, peneliti menggunakan dua analisis, analisis deskriptif dengan mencari persentase masingmasing kategori dan analisis inferensial dengan menggunakan cotigency coeficient (C) yang sebelumnya dianalsis dengan rumus chi kudrat. Hasil penelitian ini memeroleh kesimpulan: 1) deskripsi kecemasan matematika (math anxiety) menunjukan bahwa 14 siswa dengan persentase 11% memiliki tingkat kecemasan kategori tinggi, 89 siswa dengan persentase 71% memiliki tingkat kecemasan kategori sedang, dan 23 siswa dengan persentase 18% memiliki tingkat kecemasan kategori rendah. 2) deskripsi hasil belajar matematika siswa menunjukan bahwa 19 siswa dengan persentase 15% dalam kategori tinggi, 81 siswa dengan persentase 64% dalam kategori sedang, dan 26 siswa dengan persentase 20% dalam kategori rendah. 3) Ada korelasi yang signifikan dengan kategori tinggi antara kecemasan matematika (math anxiety) dengan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Arjasa Kabupaten Jember tahun pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 05 Apr 2023 07:50
Last Modified: 05 Apr 2023 07:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21841

Actions (login required)

View Item View Item