Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Pokok Lingkaran Kelas VIII MTs Darul Hikmah Tamansari Jember Tahun Pelajaran 2018/2019.

Munir, Misbahul (2019) Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Pokok Lingkaran Kelas VIII MTs Darul Hikmah Tamansari Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Misbahul Munir_T20157048.pdf

Download (13MB)

Abstract

Dalam proses pembelajaran, seorang guru cenderung membuat rencana pembelajaran secara aktif, sedangkan siswa hanya menerima apa yang diberikan oleh guru didalam kelas. Berdasarkan hasil observasi awal dan wawancara dengan guru mata pelajaran matematika di MTs Darul Hikmah Tamansari Jember ditemukan beberapa kendala salah satunya adalah siswa merasa bosan didalam pembelajaran karena guru masih menggunakan pembelajaran yang monoton tidak pernah berubah dengan metode ceramah. Sehingga hasil belajar siswa pada penilaian akhir semester dibawah kriteria ketuntasan minimal yaitu 60,84. Dari kendala diatas peneliti tertarik untuk menguji model pembelajaan kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar siswa kelas VIII MTs Darul Hikmah Tamansari Jember. Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa sesudah diterapkan model pembelajaran koopertaif tipe Make a match; 2) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran koopertaif tipe Make a match Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian eksperimen dengan desain nonequivalent control group desain. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII MTs Darul Hikmah Tamansari Jember. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik cluster random sampling. Sampelnya yaitu kelas VIII.A dan kelas VIII.B. Teknik yang digunakan untuk pengambilan data yaitu observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh, diolah dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji T-test. Dari hasil penelitian: 1) Hasil nilai maksimun yang diperoleh setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match adalah 95. Sedangkan nilai minimumnya adalah 55, dengan rata-rata hasil belajar 72,82. 2) Berdasarkan penyajian dan analisis data pada uji T-test soal pre test dan uji T-test soal post test dengan menggunakan software SPSS 23 for windows mempunyai perbedaan yang signifikan. Pada soal pre test diperoleh dan , ini berarti . Sedangkan pada soal post test diperoleh dan , ini berarti . Dengan demikian, ada perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match kelas VIII MTs Darul Hikmah Tamansari Jember tahun pelajaran 2018/2019; Dengan adanya perbedaan tersebut, berarti terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar siswa materi pokok lingkaran kelas VIII MTs Darul Hikmah Tamansari Jember tahun pelajaran 2018/2019. Adapun besarnya pengaruh pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar siswa kelas VIII MTs Darul Hikmah Tamansari Jember adalah 51,6%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 05 Apr 2023 07:50
Last Modified: 05 Apr 2023 07:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21843

Actions (login required)

View Item View Item