Implementasi Metode Yanbu’a Dalam Meningkatkan Kelancaran Membaca Al Qur’an Santri TPQ YASINAT Di Kesilir Wuluhan Jember Tahun 2018.

Nursalim, M (2019) Implementasi Metode Yanbu’a Dalam Meningkatkan Kelancaran Membaca Al Qur’an Santri TPQ YASINAT Di Kesilir Wuluhan Jember Tahun 2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
M. Nursalim_084148015.pdf

Download (5MB)

Abstract

Al-Qur’an adalah kitab suci yang merupakan sumber utama ajaran Islam dan menjadi petunjuk kehidupan manusia karena isinya mencakup segala pokok ajaran agama yang disyariatkan Allah SWT kepada manusia. Al-Qur’an merupakan petunjuk jalan hidup ( way of life) umat Islam untuk meraih sukses dalam kehidupan di dunia dan akhirat. Untuk memudahkan anak mampu membaca Al-Qur’an dengan baik perlu digunakan metode dan strategi tertentu. Prinsip pengajaran Al-Qur’an pada dasarnya dapat dilakukan dengan berbagai macam metode, yang semuanya memiliki tujuan yang sama yaitu agar anak-anak dapat membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar salah satunya metode Yanbu’a yang di kembangkan oleh Almarhum KH. Arwani Amin. Berdasarkan latar belakang yang penulis kemukakan, maka yang menjadi topik permasalahan ini dapat dirumuskan sebagai berikut: Bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi Metode Yanbu’a dalam meningkatkan kelancaran membaca Al-Qur’an santri TPQ Yasinat ? Tujuan penelitian ini yaitu sebagai berikut: Untuk mendeskripsikan perencanaan metode Yanbu’a dalam meningkatkan kelancaran membaca AlQur’an santri TPQ Yasinat, untuk mendeskripsikan pelaksanaan metode Yanbu’a dalam meningkatkan kelancaran membaca Al-Qur’an santri TPQ Yasinat, untuk mendeskripsikan evaluasi Metode Yanbu’a dalam meningkatkan kelancaran membaca Al-Qur’an santri TPQ Yasinat Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. penelitian ini terdiri dari tiga tahapan, yakni: Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi metode Yanbu’a dalam meningkatkan kelancaran membaca Al-Qur’an santri TPQ Yasinat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 05 Apr 2023 07:50
Last Modified: 05 Apr 2023 07:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21844

Actions (login required)

View Item View Item