Internalisasi Nilai-nilai Karakter Melalui Metode Pembiasaan Siswa di MA Miftahul Ulum Suren Ledokombo Jember Tahun Pelajaran 2018/2019 Semester Ganjil.

Helmi, Mohammad (2019) Internalisasi Nilai-nilai Karakter Melalui Metode Pembiasaan Siswa di MA Miftahul Ulum Suren Ledokombo Jember Tahun Pelajaran 2018/2019 Semester Ganjil. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mohammad Helmi_084141498.pdf

Download (16MB)

Abstract

Pendidikan Karakter bertujuan meningkatkan mutu penyelenggaraan dan hasil pendidikan yang mengarah pada pencapaian pembentukan karakter peserta didik secara utuh,terpadu,dan seimbang standart sesuai kompetensi kelulusan,ada beberapa nilai yang dikembangkan dalam pendidikan karakter dan mewujudkan hal tersebut salah satu cara melalui metode pembiasaan pada peserta didik yakni bertujuan memberikan penanaman sikap disiplin dan tanggung jawab untuk menjadi insan yang berbudi pekerti ,bermoral,berakhlak,serta ber etika sesuai apa yang di harapakan masyarakat yakni salah satunya kegiatan yang diberikan sekolah. Fokus Penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Internalisasi Sikap Disiplin Melalui Metode Pembiasaan Siswa di MA Mifatahul Ulum Suren Ledokombo Jember Tahun Pelajaran 2018/2019 Semester Ganjil? 2) Bagaimana Internalisasi Sikap Tanggung Jawab Melalui Metode Pembiasaan Siswa di MA Mifatahul Ulum Suren Ledokombo Jember Tahun Pelajaran 2018/2019 Semester Ganjil?. Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mendeskripsikan Internalisasi Sikap disiplin Melalui Metode Pembiasaan Siswa di MA Mifatahul Ulum Suren Ledokombo Jember Tahun Pelajaran 2018/2019 Semester Ganjil. 2)Untuk Internalisasi Sikap Tanggung Jawab Melalui Metode Pembiasaan Siswa di MA Mifatahul Ulum Suren Ledokombo Jember Tahun Pelajaran 2018/2019 Semester Ganjil. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriftif. Jenis penelitiannya adalah penelitia lapangan. Lokasi penelitiannya adalah MA Miftahul Ulum Suren Ledokombo Jember. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara,observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi triangulasi sumber dan teknik. Peneliti memperolah kesimpulan : 1) Bentuk Internalisasi sikap disiplin melalui metode pembiasaan siswa di MA Miftahul Ulum Suren Ledokombo Jember yaitu : 1) Kedisiplinan waktu yakni : a.Kegiatan melakukan Sholat berjamaah. Peserta didik harus melaksanaan shalat dhuhur berjamaah setiap jam istirahat sekolah. Apabila tidak mengikuti kegiatan tesebut maka akan dikenakan sanksi yang telah ditentukan. b. Harus tepat waktu pada jam masuk sekolah dan tidak bole telat , jika telat maka akan di sanksi . serta aktif dikedua lembaga ,baik formal mahupun di diniyah. 2). Dan disiplin untuk menjaga kebersihan lingkunagan dengan cara : a. Membuat tempat pembangunan sampah disekolah. b .Menyediakan tempat sampah, gerakan tata tertib kebersihan dan kelestarian lingkungan sekolah. c. Menjaga kebersihan kelas 2). Bentuk Internalisasi sikap tanggung jawab melalui metode pembiasaan siswa di MA Miftahul Ulum Suren Ledokombo Jember yakni : 1) Sering melakukan pematangan ruhaniah/gerak batin yaitu istighosah yang dilakukan setiap minggu yang tujuannya menyentuh jiwa supaya tanggung jawab dengan tugasnya baik tugas ibadah pada Tuhannya b. Penerapan tanggung jawab pada diri sendiri,masyarakat, dan lingkungan yaitu melaksanakn tugas yang diberikan oleh guru baik PR mahupun tugas harian. c. Menjaga etika moral dan akhlak ,kejujuran,kesopanan ,dan saling mengahargai terhadap sesama. dan menjaga kebersiahan sebagai tanggung jawab untuk menjaga lingkungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 05 Apr 2023 07:50
Last Modified: 05 Apr 2023 07:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21847

Actions (login required)

View Item View Item