Penerapan Hukuman Melalui Sistem Poin dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Mahasantri Putri di Ma’had Al Jami’ah IAIN Jember.

Habibah, Nur Layinatul (2019) Penerapan Hukuman Melalui Sistem Poin dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Mahasantri Putri di Ma’had Al Jami’ah IAIN Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nur Layinatul Habibah_084 141 102.pdf

Download (5MB)

Abstract

Hukuman sebagai salah satu alat pendidikan sangat berkaitan dengan kedisiplinan, karena dengan adanya hukuman diharapkan siswa bisa disiplin dalam proses pembelajaran. Disiplin menjadi sarana dalam pendidikan, karena disiplin berperan mempengaruhi, mendorong, mengendalikan, mengubah, dan membentuk perilaku-perilaku tertentu sesuai dengan nilai-nilai yang ditanamkan dan diajarkan serta diteladankan. Untuk mencapai tujuan tersebut, Ma’had Al Jami’ah IAIN Jember menerapkan hukuman melalui sistem poin dalam meningkatkan kedisiplinan mahasantri. Berdasarkan latar belakang, maka fokus penelitian dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan hukuman melalui sistem poin dalam meningkatkan kedisiplinan belajar mahasantri putri di Ma’had Al Jami’ah IAIN Jember? (2) Apa saja faktor penghambat dan faktor pendukung penerapan hukuman melalui sistem poin dalam meningkatkan kedisiplinan belajar mahasantri putri di Ma’had Al Jami’ah IAIN Jember? (3) Bagaimana implikasi penerapan hukuman melalui sistem poin dalam meningkatkan kedisiplinan belajar mahasantri putri di Ma’had Al Jami’ah IAIN Jember? Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan penerapan hukuman melalui sistem poin dalam meningkatkan kedisiplinan belajar mahasantri putri di Ma’had Al Jami’ah IAIN Jember. (2) Mengidentifikasi faktor penghambat dan faktor pendukung penerapan hukuman melalui sistem poin dalam meningkatkan kedisiplinan belajar mahasantri putri di Ma’had Al Jami’ah IAIN Jember. (3) Mendeskripsikan implikasi penerapan hukuman melalui sistem poin dalam meningkatkan kedisiplinan belajar mahasantri putri di Ma’had Al Jami’ah IAIN Jember. Adapun penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian field research (penelitian lapangan) dengan subjek penelitian menggunakan purposive sampling dan metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Adapun hasil penelitiannya adalah: (1) Penerapan hukuman melalui sistem poin melibatkan pengelola Ma’had, dalam penentuan poin dilihat dari frekuensinya, dan penerapan hukuman melalui sistem poin di BR dilakukan setiap hari, sedang di BS seminggu sekali. (2) Implikasi penerapan hukuman melalui sistem poin menjadikan mahasantri putri taat dengan peraturan, peraturan menjadi efektif, dan mempermudah penerapan hukuman melalui sistem poin. (3) Faktor penghambat: Mahasantri putri mengulur-ulur waktu hukuman dengan berbagai alasan dan Faktor pendukung: Pengurus ikut terlibat dalam proses penerapan sistem poin.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 05 Apr 2023 07:50
Last Modified: 05 Apr 2023 07:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21853

Actions (login required)

View Item View Item