Implementasi Ekstrakurikuler Wajib Bina Iman Bagi Peserta Didik Muslim di SMP Katolik Santo Petrus Jember

Darmayanti, Yolanda Fitria (2019) Implementasi Ekstrakurikuler Wajib Bina Iman Bagi Peserta Didik Muslim di SMP Katolik Santo Petrus Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
YOLANDA FITRIA DARMAYANTI_T20151002.pdf

Download (4MB)

Abstract

Ekstrakurikuler wajib bina iman bagi peserta didik muslim merupakan implementasi kegiatan penanaman keimanan kepada peserta didik muslim yang melaksanakan pendidikan di SMP Katolik Santo Petrus Jember yang bertujuan untuk penanaman serta bekal keimanan peserta didik yang akan menjadi pondasi di dalam kehidupannya serta ketaqwaannya kepada Allah Swt. Oleh karena itu penanaman keimanan bagi peserta didik melalui ekstrakurikuler wajib bina iman merupakan hal yang terpenting untuk membentuk peserta didik taat menjalankan ajaran agamanya dalam kehidupan sehari-hari. Fokus penelitian yang diteliti di skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan ekstrakurikuler wajib bina iman bagi peserta didik muslim di SMP Katolik Santo Petrus Jember tahun pelajaran 2018/2019? 2) Bagaimana pelaksanaan ekstrakurikuler wajib bina iman bagi peserta didik muslim di SMP Katolik Santo Petrus Jember tahun pelajaran 2018/2019? 3) Bagaimana evaluasi ekstrakurikuler wajib bina iman bagi peserta didik muslim di SMP Katolik Santo Petrus Jember tahun pelajaran 2018/2019? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan perencanaan ekstrakurikuler wajib bina iman bagi peserta didik muslim di SMP Katolik Santo Petrus Jember tahun pelajaran 2018/2019. 2) Mendeskripsikan pelaksanaan ekstrakurikuler wajib bina iman bagi peserta didik muslim di SMP Katolik Santo Petrus Jember tahun pelajaran 2018/2019. 3) Mendeskripsikan evaluasi ekstrakurikuler wajib bina iman bagi peserta didik muslim di SMP Katolik Santo Petrus Jember tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan jenis penelitian berbentuk deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif model Miles dan Huberman, yang meliputi: pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka dapat disimpulkan antara lain : 1) Perencanaaan kegiatan ekstrakurikuler wajib bina iman di SMP Katolik Santo Petrus Jember adalah dengan menyiapkan pembina, materi, metode serta bentuk pelaksanaan bina iman di SMP Katolik Santo Petrus Jember pada setiap tahun ajaran baru. 2) Pelaksanaan ekstrakurikuler wajib bina iman bagi peserta didik muslim di SMP Katolik Santo Petrus Jember yaitu: Pertama, pelaksanaan dilakukan di kelas oleh pembina. Kedua, pelaksanaan dilakukan di luar sekolah yang dilakukan mandiri kepada peserta didik muslim untuk melakukan pembinaan agama bersama ustadz atau ustadzahnya. 3) Evaluasi ekstrakurikuler wajib bina iman bagi peserta didik muslim di SMP Katolik Santo Petrus Jember adalah : Pertama, pembina menggunakan evaluasi formatif. Kedua, pembina menggunakan evaluasi sumatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130299 Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 05 Apr 2023 07:50
Last Modified: 05 Apr 2023 07:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21855

Actions (login required)

View Item View Item