Pemanfaatan Keanekaragaman Tumbuhan di Lingkungan Yayasan Nurul Islam Jember sebagai Media Pembelajaran Biologi.

Astutik, Ririn Dewi (2019) Pemanfaatan Keanekaragaman Tumbuhan di Lingkungan Yayasan Nurul Islam Jember sebagai Media Pembelajaran Biologi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ririn Dewi Astutik_T20158025.pdf

Download (7MB)

Abstract

Lingkungan sekolah adalah segala sesuatu yang berada di sekitar sekolah, baik biotik maupun abiotik. Lingkungan sekolah yang baik adalah lingkungan sekolah yang di dalamnya dihiasi dengan tumbuhan atau pepohonan yang dipelihara dengan baik. Keanekaragaman tumbuhan yang terdapat di lingkungan sekolah sangat menguntungkan dalam proses pembelajaran, karena dapat dijadikan sebagai media pembelajaran biologi. Namun sayangnya, masih banyak sekolah yang belum memanfaatkan keanekaragaman tumbuhan yang terdapat di lingkungan sekolah dalam proses pembelajaran. Hal ini terbukti dengan tumbuhan yang terdapat di sekolah belum diidentifikasi atau belum diberi nama, baik nama lokal maupun nama ilmiah, sehingga siswa pun terkadang tidak mengetahui nama tumbuhan yang ada di sekitarnya. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengidentifikasi keanekaragaman tumbuhan yang terdapat di lingkungan Yayasan Nurul Islam jember. (2) Untuk menjelaskan pemanfaatan keanekaragaman tumbuhan di lingkungan Yayasan Nurul Islam Jember sebagai media pembelajaran biologi. (3) Untuk mengetahui jenis tumbuhan yang telah dimanfaatkan sebagai media pembelajaran biologi. (4) Untuk menjelaskan respon/ tanggapan siswa terhadap media yang telah digunakan dalam proses pembelajaran biologi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif eksploratif. Metode penelitian ini dengan cara jelajah atau observasi lapang secara langsung, yaitu dengan menjelajahi setiap sudut lokasi yang dapat mewakili tipe-tipe tumbuhan Spermatophyta. Sampel dalam penelitian ini yaitu semua tumbuhan yang termasuk Spermatophyta. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dengan mengambil sumber data dari Waka kurikulum, guru biologi dan siswa. Adapun analisis data secara deskriptif dengan tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi metode. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Keanekaragaman tumbuhan di lingkungan Yayasan Nurul Islam Jember yang telah di identifikasi ditemukan 46 jenis tumbuhan Spernatophyta yang termasuk ke dalam 31 Famili yang terdiri dari tumbuhan monokotil sebanyak 15 spesies dan tumbuhan dikotil sebanyak 31 spesies. (2) Keanekaragaman tumbuhan di lingkungan Yayasan Nurul Islam Jember dimanfaatkan sebagai media pembelajaran biologi dalam materi Spermatophyta pada saat proses pembelajaran berlangsung di dalam kelas atau di luar kelas. (3) Jenis tumbuhan yang telah dimanfaatkan sebagai media pembelajaran biologi ada 18 spesies. (4) Respon siswa terkait penggunaan keanekaragaman tumbuhan sebagai media pembelajaran sangat baik. Keyword: Keanekaragaman Tumbuhan dan Media Pembelajaran Biologi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 05 Apr 2023 07:50
Last Modified: 05 Apr 2023 07:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21856

Actions (login required)

View Item View Item