Penerapan Metode At-Tanzil dalam ekstra Menghafal AlQur’an di Sekolah Dasar Negeri Tamanan 01 Bondowoso Tahun Ajaran 2018-2019

Aprilianty, Ulva (2019) Penerapan Metode At-Tanzil dalam ekstra Menghafal AlQur’an di Sekolah Dasar Negeri Tamanan 01 Bondowoso Tahun Ajaran 2018-2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ulva Aprilianty_084141218.pdf

Download (10MB)

Abstract

Program menghafal Al-Qur’an dengan menggunakan kitab jilid 1-6 merupakan sebuah program yang ada di Sekolah Dasar Negeri Tamanan 01 Guna mempercepat siswa dalam menghafal, menterjemah dan memahami kitab jilid 1- 6. Dalam implementasinya pembelajaran kitab jilid 1-6 ini dilaksanakan setiap Semimggu 3 kali tatap muka dengan Metode yang bervariasi. Fokus penelitian dalam skripsi ialah (1) Bagaimana Penerapan Metode AtTanzil dalam exstra menghafal Al-Qur’an di Sekolah Dasar Negeri Tamanan 01 Bondowoso Tahun Ajaran 2018-2019 Tahun 2018/2019? (2) Bagaimana Pelaksanaan metode At-Tanzil dalam extra menghafal Al-Qur’an di Sekolah Dasar Negeri Tamanan 01 bondowoso tahun ajaran 2018-2019? (3) Bagaimana evaluasi metode At-Tanzil dalam exstra menghafal Al-Qur’an di Sekolah Dasar Negeri Tamanan 01 Bondowoso Tahun Ajaran 2018-2019? Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitataif dengan jenis penelitian deskriptif. Penentuan subyek penelitiannya menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan datanya memakai observasi, wawancara dan dokumenter. Analisis datanya menggunakan data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Sedangkan keabsahan data menggunakan tringulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini adalah (1) Perencanaan pembelajaran kitab jilid 1-6 pada program menghafal Al-Qur’an meliputi menentukan tujuan, menentukan materi, menentukan media, menentukan metode dan evaluasinya. (2) Pelaksanaan pembelajaran kitab jilid 1-6 pada program menghafal Al-Qur’an dilaksanakan sebanyak seminggu tiga kali tatap muka. Sedangkan metode yang dipakai ialah metode ceramah, tanya jawab, sorogan dan metode hafalan. (3) Evaluasi pembelajaran kitab jilid 1-6 pada program menghafal Al-Qur’an yaitu dengan evaluasi formatif, evaluasi sumatif dan evaluasi kenaikan jilid.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 05 Apr 2023 07:49
Last Modified: 05 Apr 2023 07:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21857

Actions (login required)

View Item View Item