Program Entrepreneurship dalam mengembangkan Kemandirian Santri di Pondok Pesantren Mahasiswa Entrepreneur Nurul Islam 2 Mangli Kaliwates Jember

Nuruddin, M. Aris (2019) Program Entrepreneurship dalam mengembangkan Kemandirian Santri di Pondok Pesantren Mahasiswa Entrepreneur Nurul Islam 2 Mangli Kaliwates Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
M. Aris Nuruddin_084141201.pdf

Download (23MB)

Abstract

Pada periode ini pondok pesantren menerapkan program entrepreneurship pada santrinya dengan memberikan pembinaan, maksud dari program entrepreneursip tersebut adalah agar santri tidak hanya mengedepankan satu pendidikan saja. Akan tetapi menyelaraskan pendidikan agama, pendidikan umum dan pendidikan entrepreneur. Hal ini membuat santri harus mampu menguasi pelajaran baik itu umum maupun agamanya. Lebih tepatnya menjadi entrepreneur yang cerdas dan berakhlak baik Adapun masalah yang akan diteliti adalah: 1) Bagaimana konsep program entrepreneurship dalam mengembangkan kemandirian santri di Pondok Pesantren Mahasiswa Entrepreneur Nurul Islam 2? 2) Bagaimana strategi program entrepreneurship dalam mengembangkan kemandirian santri di Pondok Pesantren Mahasiswa Entrepreneur Nurul Islam 2? 3) Apa saja faktor penghambat dan pendukung program entrepreneurship dalam mengembangkan kemandirian santri di Pondok Pesantren Mahasiswa Entrepreneur Nurul Islam 2? Adapun tujuan umum dilakukan penelitian ini sebagai berikut. 1) Untuk mendeskripsikan konsep program entrepreneurship dalam mengembangkan kemandirian santri di Pondok Pesantren Mahasiswa Entrepreneur Nurul Islam 2. 2) Untuk mendeskripsikan strategi program entrepreneurship dalam mengembangkan kemandirian santri di Pondok Pesantren Mahasiswa Entrepreneur Nurul Islam 2. 3) Untuk mendeskripsikan faktor penghambat dan pendukung program entrepreneurship dalam mengembangkan kemandirian santri di Pondok Pesantren Mahasiswa Entrepreneur Nurul Islam 2. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan penentuan subyek menggunakan teknik Purposif . Pengumpulan datanya menggunakan observasi, interview, dan dokumentasi, sedangkan analisis datanya menggunakan kualitatif deskriptif, dan validitas data menggunakan trianggulasi sumber. Hasil penelitian: 1) Konsep program entrepreneurship dalam mengembangkan kemandirian santri Pondok Pesantren Mahasiswa Entrepreneur Nurul Islam 2 dilakukan dengan 3 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. 2) Strategi program entrepreneurship yang digunakan adalah strategi jemput bola dan memanah. 3) Faktor penghambat belum mendapatkan investor yang mau berinvestasi secara besar – besaran dan kondisi tempat yang masih ada dilingkungan pesantren sehingga konsumen yang mau memesan isi ulang air minum merasa segan, sedangkan faktor pendukungnya antusiasme dari majelis pengasuh, pengurus dan seluruh santri untuk mengembangkan program entrepreneurship. Kata kunci : Program Entrepreneurship, kemandirian santri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 05 Apr 2023 07:49
Last Modified: 05 Apr 2023 07:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21870

Actions (login required)

View Item View Item