hubungan motivasi belajar dan disiplin belajar dengan prestasi belajar sejarah kebudayaan islam siswa madrasah tsanawiyah miftahul ulum suren tahun pelajaran 2018/2019

Anggraini, Evilia (2019) hubungan motivasi belajar dan disiplin belajar dengan prestasi belajar sejarah kebudayaan islam siswa madrasah tsanawiyah miftahul ulum suren tahun pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Evilia Anggraini_084141422.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Suren yang merupakan salah satu unit pendidikan dilingkungan pemerintahan kabupaten jember. Oleh karenanya motivasi belajar dan disiplin belajar sangat mempengaruhi prestasi belajar sejarah kebudayaan islam. Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi: 1) Adakah hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar sejarah kebudayaan islam siswa Madrasah Miftahul Ulum Suren? 2) Adakah hubungan disiplin belajar dengan prestasi belajar sejarah kebudayaan islam siswa Madrasah Miftahul Ulum Suren?. 3) Adakah hubungan motivasi belajar dan disiplin belajar dengan prestasi belajar sejarah kebudayaan islam siswa Madrasah Miftahul Ulum Suren ?. Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui :1) Untuk mendeskripsikan hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar sejarah kebudayaan islam siswa Madrasah Miftahul Ulum Suren 2) Untuk mendeskripsikan Adakah hubungan disiplin belajar dengan prestasi belajar sejarah kebudayaan islam siswa Madrasah Miftahul Ulum Suren 3) Untuk mendeskripsikan hubungan motivasi belajar dan disiplin belajar dengan prestasi PAI sejarah kebudayaan islam siswa Madrasah Miftahul Ulum Suren. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian deskriptif. Populasi dan sampel penelitian ini yaitu seluruh siswa menggunakan proporsional random sampling. Alat analisis data berupa uji validitas, uji reabilitas, uji asumsi klasik, dan analisis regresi linier berganda dengan bantuan SPSS versi 23 tahun 2015. Serta pengukuran sampel berstrata. Pengambilan sampel secara acak mengunakan angket, dan documenter. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah : 1) berdasarkan uji t dapat dilihat motivasi belajar berhubungan terhadap pretasi belajar. Hal tersebut terbukti dengan SPSS dimana nilai signifikan yang dihasilkan sebesar 0,001. Karena nilai siqnifikansi 0,05 (0,001<0,05). Berdasarkan analisis dan interprestasi di atas dapat dikatakan bahwa motivasi belajar secara parsia berhubungan dengan prestasi belajar. 2) berdasarkan uji t dapat dilihat disiplin belajar berhubungan dengan pretasi belajar. Hal tersebut terbukti dengan SPSS dimana nilai yang dihasilkan sebesar 0,004. Karena nilai siqnifikansi 0,05 (0,004 < 0,05). 3) berdasarkan uji t dapat dilihat motivasi belajar dan disiplin belajar dengan prestasi belajar Berdasarkan analisis dan interprestasi di atas dapat dikatakan bahwa disiplin belajar secara parsia berhubungan signifikan terhadap prestasi belajar. 3) berdasarkan uji simultan (bersama-sama) yang menunjukan bahwa nilai yang dihasilkan lebih kecil dari 0,05 yaitu sebesar 0,002 dengan tingkat hubungan sebesar 0,542 atau 54,2% dilihat dari koefisien determinasi pada Adjusted R square. Hal tersebut disimpulkan bahwa variabel motivasi belajar dan disiplin belajar berhubungan signifikan terhadap prestasi belajar di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Suren.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 05 Apr 2023 07:49
Last Modified: 05 Apr 2023 07:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21875

Actions (login required)

View Item View Item