Aktualisasi Nilai-Nilai Cinta Lingkungan Dalam Kehidupan Sehari-hari Siswa Di SMP Negeri 2 Tanggul Kabupaten Jember.

Serma, Sofiah Eka (2019) Aktualisasi Nilai-Nilai Cinta Lingkungan Dalam Kehidupan Sehari-hari Siswa Di SMP Negeri 2 Tanggul Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Sofiah Eka Serma_084141310.pdf

Download (5MB)

Abstract

Lingkungan adalah salah satu pion kehidupan manusia yang membantu dalam segi berbagai aspek. Tanpa kita sadari ada sesuatu yang hilang yang telah dilupakan keberadaannya. Lingkungan hidup terkisar pada beberapa aspek yang dirasa sebagai tekanan krisis yang membahayakan keberlangsungan hidup manusia. Penanaman dan penerapan nilai cinta lingkungan dalam kehidupan sehari-hari merupakan kegiatan penting yang harus direalisasikan untuk membentuk kehidupan yang lebih baik. Maka, aktualisasi nilai cinta lingkungan merupakan salah satu cara untuk membentuk karakter siswa yang peduli terhadap lingkungan. SMP Negeri 2 Tanggul merupakan salah satu sekolah yang berupaya mendukung siswa peduli terhadap lingkungan. Di sekolah tersebut berupaya melakukan kegiatan penghijauan dan siswa mendapat arahan mengenai kebersihan lingkungan. Kegiatan tersebut akan diharapkan akan berdampak kepada sikap siswa sehari-hari. Fokus dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah transformasi nilainilai cinta lingkungan dalam kehidupan sehari-hari siswa di SMP Negeri 2 Tanggul? (2) Bagaimana aktualisasi nilai-nilai cinta lingkungan dalam kehidupan sehari-hari siswa di SMP Negeri 2 Tanggul? Tujuan penelitian: (1) Untuk mendeskripsikan transformasi nilai-nilai cinta lingkungan dalam kehidupan sehari-hari siswa di SMP Negeri 2 Tanggul. (2) Untuk mendeskripsikan aktualisasi nilai-nilai cinta lingkungan dalam kehidupan sehari-hari siswa di SMP Negeri 2 Tanggul. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian field research (penelitian lapangan). Penentuan subyek menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumenter. Analisis data menggunakan Teknik analisis Miles dan Hubermen yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan menggunakan teknik triangulasi sumber dan teknik/metode. Hasi penelitian ini adalah: (1) Transformasi nilai cinta lingkungan dalam kehidupan sehari-hari siswa dilakukan melalui penanaman nilai melalui pemberian motivasi dan arahan kepada siswa tentang pentingnya menjaga dan peduli terhadap lingkungan. Serta peran guru PAI sebagai basis penanaman nilai akhlak terhadap siswa yang dilakukan dalam setiap kegiatan belajara mengajar. (2) Aktualisasi nilai-nilai cinta lingkungan lebih condong terhadap sikap kebersihan dan sebagai kecil mengarahkan tentang penghijauan yang dilakukan oleh peserta didik di sekolah serta seluruh guru yang ada di sekolah tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 12 BUILT ENVIRONMENT AND DESIGN > 1299 Other Built Environment and Design > 129999 Built Environment and Design not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 05 Apr 2023 07:49
Last Modified: 05 Apr 2023 07:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21877

Actions (login required)

View Item View Item