PENDEKATAN RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPHY DALAM MENGATASI KECEMASAN SINGLE MOM TERHADAP PENDIDIKAN ANAK DENGAN TEKNIK ABCDE DI DESA KESILIR KABUPATEN BANYUWANGI

Savira, Rahma (2023) PENDEKATAN RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPHY DALAM MENGATASI KECEMASAN SINGLE MOM TERHADAP PENDIDIKAN ANAK DENGAN TEKNIK ABCDE DI DESA KESILIR KABUPATEN BANYUWANGI. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
RAHMA SAVIRA MAULANI_D20183077.pdf

Download (4MB)

Abstract

Rahma Savira Maulani, 2023: Pendekatan Rational Emotive Behavior Theraphy Dalam Mengatasi Kecemasan Single Mom Terhadap Pendidikan Anak Pada Masa Pandemi-Transisi Covid-19 Di Desa Kesilir Kabupaten Banyuwangi

Kata kunci: Teknik ABCDE, kecemasan, single mom

Orang tua merupakan komponen utama di dalam sebuah keluarga, apabila salah satu hilang maka pihak yang ditinggalkan akan mnjadi peran ganda sebagai ayah dan ibu. Hal tersebut akan menguras energi dan fikiran sehingga akan muncul kecemasan dalam diri. Single Mom merupakan perempuan yang menjalankan peran ganda sebagai ayah dan sebagai ibu. Mengurus segala keperluan dan pendidikan anak bukan satu hal yang mudah dijalani oleh ibu tunggal. Akibat dari hal tersebu seorang single mom akan mengalami kecemasan dengan sering memarahi anak karena tidak maksimal dalam belajar, memunculkan pikiran negatif tentang pendidikan anak tersebut seperti tidak mempercayai anak dalam mengerjakan tugasnya sehingga single mom yang mengerjakan tugas anaknya dan hal tersebut kurang baik untuk dilakukan.
Tujuan penelitian ini yaitu: 1). Untuk mengetahui dan mendeskripsikan REBTdalam mengatasi kecemasan single mom terhadap pendidikan anak dengan teknik ABCDE di desa Kesilir Kabupaten Banyuwangi. 2). Untuk mengetahui hasil dari pendekatan REBT dalam mengatsai kecemasan single mom terhadap pendidikan anak dengan teknik ABCDE di Desa Kesilir Kabupaten Banyuwangi. Fokus penelitian dalam penelitian ini yaitu : 1) Bagaimana pendekatan REBTT dalam menghadapi kecemasan single mom terhadap pendidikan anak dengan teknik ABCDE di Desa Kesilir Kaupaten Banyuwangi ?. 2) Bagaimana hasil pendekatan REBT dalam mengatasi kecemasan single mom terhadap pendidikan anak dengan teknik ABCDE di Desa Kesilir Kabupaten Banyuwangi?. Pendekatan rational emotive behavior theraphy menggunakan teknik ABCDE yang dikemukakan oleh Ellis. Terapi yang dilakukan pada single mom melalui beberapa tahapan yaitu : a. Identifikasi masalah; b. Diagnosa; c. Prognosa; d. Treatment.
Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualitatif deskriptif, dengan jenis penelitian analisis deksriptif kualitatif. Subyek penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Adapun hasil dari penelitian ini, yaitu terdapat 6 konseli yang bisa dikatakan berhasil melakukan hal yang diarahkan oleh konselor. Sisanya mereka belum mampu melaksanakan arahan dari konselor karena mereka terlalu menutup diri dan tetap pada fikiran irasionalnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1799 Other Psychology and Cognitive Sciences > 179999 Psychology and Cognitive Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Ms Rahma Savira
Date Deposited: 05 Apr 2023 08:12
Last Modified: 05 Apr 2023 08:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21878

Actions (login required)

View Item View Item