Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Tebak Kata pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Madinatul Ulum Jenggawah Jember Tahun Pelajaran 2018/2019.

Anisah, Siti (2019) Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Tebak Kata pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Madinatul Ulum Jenggawah Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti Anisah_084141040.pdf

Download (1MB)

Abstract

Seorang guru sebagai tokoh sentral harus mampu memilih model pembelajaran yang sesuai dengan kondisi peserta didik agar peserta didik tidak merasa bosan, terutama pada mata pelajaran PAI yang selama ini dipandang sebagai mata pelajaran yang membosankan dikalangan peserta didik. Model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan yaitu diantaranya model cooperative learning tipe tebak kata. Akan tetapi pada realita yang ada penerapan model ini tidak terlaksana secara maksimal, hal ini dikarenakan waktu yang terbata sehingga materi yang disampaikan belum tuntas. Oleh sebab itu, perlu adanya modifikasi dari penerapan model cooperative learning tipe tebak kata seperti yang diterapkan di SMK Madinatul Ulum Jenggawah Jember. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1)Bagaimanakah perencanaan dalam penerapan model cooperative learning tipe tebak kata pada mata pelajaran PAI di SMK Madinatul Ulum Jenggawah Jember tahun pelajaran 2018/2019?. 2)Bagaimanakah pelaksanaan model cooperative learning tipe tebak kata pada mata pelajaran PAI di SMK Madinatul Ulum Jenggawah Jember tahun pelajaran 2018/2019?. 3)Bagaimanakah evaluasi/penilaian dalam penerapan model cooperative learning tipe tebak kata pada mata pelajaran PAI di SMK Madinatul Ulum Jenggawah Jember tahun pelajaran 2018/2019? Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah: Untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi model cooperative learning tipe tebak kata pada mata pelajaran PAI di SMK Madinatul Ulum Jenggawah Jember tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskripsif dengan jenis penelitian lapangan (field Research) dengan pandangan fenomenologi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: observasi, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah model Miles and Huberman mulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1). Perencanaan dalam penerapan model cooperative learning tipe tebak kata pada mata pelajaran PAI di SMK Madinatul Ulum Jenggawah Jember yaitu meliputi silabus dan RPP. 2). Pelaksanaan model cooperative learning tipe tabak kata di SMK Madinatul Ulum mengikuti kurikulum 2013 yang menggunakan pendekatan saintific (5M). Penerapan abak kata di sekolah tersebut sedikit dimodifikasi yang bertujuan untuk menciptakan suasana yang lebih menyenangkan dan peserta didik lebih memahami materi yang telah dipelajarinya. 3). Evaluasi yang digunakan pada mata pelajaran PAI adalah evaluasi formatif yang tujuannya untuk mengetahui efeftif atau tidaknya penerapan model cooperative learning tipe tebak kata.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 05 Apr 2023 07:51
Last Modified: 05 Apr 2023 07:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21881

Actions (login required)

View Item View Item