Pennggunaan Media Gambar Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 1 Tamanan kabupaten Bondowoso Tahun Pelajaran 2018/2019.

Imaniah, Masyitah Nur (2018) Pennggunaan Media Gambar Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 1 Tamanan kabupaten Bondowoso Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Masyitah Nur Imaniah_084131422.pdf

Download (2MB)

Abstract

Untuk membentuk peserta didik yang agamis dibutuhkan media dalam pembelajaran agar materi yang diajarkan dapat diterima oleh peserta didik. Terlebih jika peserta didik kurang tertarik terhadap mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti karena menurut mereka matapelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti identik dengan hafalan praktek dan tugas. Dari realita tersebut guru pata pelajaran harus mencari solusi agar peserta didik bisa lebih tertarik untuk mengikuti matapelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Fokus penelitian ini yaitu : 1) Bagaimana penggunaan media gambar jadi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 1 Tamanan kabupaten Bondowoso Tahun Pelajaran 2018/2019 ? 2) Bagaimana penggunaan media gambar garis dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 1 Tamanan kabupaten Bondowoso tahun pelajaran 2018/2019 ? 3) Bagaimana penggunaan media gambar fotografi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 1 Tamanan kabupaten Bondowoso tahun pelajaran 2018/2019 ? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan penggunaan media gambar jadi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 1 Tamanan kabupaten Bondowoso tahun pelajaran 2018/2019. 2) Mendeskripsikan penggunaan media gambar garis dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 1 Tamanan kabupaten Bondowoso tahun pelajaran 2018/2019. 3) Mendeskripsikan penggunaan media gambar fotografi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 1 Tamanan kabupaten Bondowoso tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Dan penentuan subjek penelitian menggunakan purposive sampling. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini yaitu: 1) media gambar jadi berupa majalah, yaitu cerita pendek didalam majalah islami yang sesuai dengan materi, setiap kelompok mendiskusikan dan mencatat poin-poin dan pesan moral yang ada pada cerita tersebut.kelebihan media ini dapat meningkatkan kemampuan berbahasa peserta didik, kelamahannya adalah sulit mencari isi majalah yang sesuai dengan materi. 2) media gambar garis berupa Flashcard didapat dari internet atau dari buku panduan sholat. Setiap kelompok harus menata dan mengurutkan potongan gambar tahapan wudu dan menempelnya pada kertas yang disiapkan, kemudian mendeskripsikannya dibagian bawah potongan gambar tersebut. Kelebihan media ini adalah peserta didik bisa lebih cepat mengingat tahapan dari suatu ibadah tanpa harus menghafal. Kekurangannya adalah hanya mampu menampilkan gambar yang sederhana.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 05 Apr 2023 07:42
Last Modified: 05 Apr 2023 07:42
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21882

Actions (login required)

View Item View Item