Layanan Konseling Keluarga Berencana Dalam Pengaturan Kehamilan Terhadap Pasangan Calon Pengantin di Balai Penyuluhan KB Kecamatan Siliragung Kabupaten Banyuwangi

Zahro, Dewi Alvina (2023) Layanan Konseling Keluarga Berencana Dalam Pengaturan Kehamilan Terhadap Pasangan Calon Pengantin di Balai Penyuluhan KB Kecamatan Siliragung Kabupaten Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
DEWI ALVINA ZAHRO_D20183044.pdf

Download (12MB)

Abstract

Dewi Alvina Zahro, 2023: Layanan Konseling Keluarga Berencana Dalam Pengaturan Kehamilan Terhadap Pasangan Calon Pengantin Di Balai Penyuluhan KB Kecamatan Siliragung Kabupaten Banyuwangi.

Kata kunci : Konseling Keluarga Berencana, Pengaturan Kehamilan

Kehamilan membutuhkan persiapan fisik dan mental, maka dari itu sangat penting untuk melakukan perencanaan kehamilan sebelum masa kehamilan. perencanaan atau pengaturan kehamilan bertujuan untuk membantu pasangan suami istri atau pasangan calon pengantin agar melahirkan di usia yang ideal, mengatur jumlah dan jarak anak.
Fokus penelitian dari skripsi ini yaitu : (1) Bagaimana pelaksanaan konseling keluarga berencana dalam pengaturan kehamilan terhadap pasangan calon pengatin di balai penyuluhan KB Kecamatan Siliragung Kabupaten Banyuwangi. (2) Bagaimana pengaruh konseling keluarga berencana dalam pengaturan kehamilan terhadap pasangan calon pengatin di balai penyuluhan KB Kecamatan Siliragung Kabupaten Banyuwangi.
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mendapatkan deskripsi mendalam tentang pelaksanaan konseling keluarga berencana dalam pengaturan kehamilan terhadap pasangan calon pengantin di balai penyuluhan KB Kecamatan Siliragung Kabupaten Banyuwangi. (2) Mendapatkan deskripsi mendalam tentang pengaruh konseling keluarga berencana dalam pengaturan kehamilan terhadap pasangan calon pengantin di balai penyuluhan KB Kecamatan Siliragung Kabupaten Banyuwangi.
Jenis penelitian dalam skripsi ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif yang dibuat dalam bentuk narasi dari hasil penelitian. Subjek dalam penelitian ini adalah petugas KB dan calon pengantin yang berada di Kecamatan Siliragung. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Kemudian analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi.
Hasil dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) Pelaksanaan konseling keluarga berencana dalam pengaturan kehamilan terhadap pasangan calon pengantin di balai penyuluhan KB Kecamatan Siliragung. Proses konseling KB dapat berjalan dengan lancar ketika kedua belah pihak merasa nyaman, saling percaya dan adanya sikap keterbukaan pada calon pengantin. Materi konseling keluarga berencana yang diberikan kepada calon pengantin meliputi banyak materi, akan tetapi materi yang sering disampaikan atau yang harus diberikan yaitu materi tentang alat kontrasepsi dan hindari kehamilan 4T. Disitulah terjadinya pelaksanaan konseling keluarga berencana. (2) Pengaruh konseling keluarga berencana dalam pengaturan kehamilan terhadap pasangan calon pengantin di balai penyuluhan KB Kecamatan Siliragung. Adanya pemahaman tentang KB setelah diberikannya konseling KB, pemahaman tentang aplikasi ELSIMIL (elektronik siap nikah dan hamil), adanya perencanaan kehamilan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Ms Dewi Alvina
Date Deposited: 06 Apr 2023 02:21
Last Modified: 06 Apr 2023 02:21
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21888

Actions (login required)

View Item View Item