BIMBINGAN PRANIKAH BAGI CALON PENGANTIN MUSLIM DENGAN KONSEP KELUARGA SEJAHTERA DI BALAI PENYULUH KELUARGA BERENCANA (KB) KECAMATAN SILIRAGUNG KABUPATEN BANYUWANGI

Faiqoh, Mazidatul (2023) BIMBINGAN PRANIKAH BAGI CALON PENGANTIN MUSLIM DENGAN KONSEP KELUARGA SEJAHTERA DI BALAI PENYULUH KELUARGA BERENCANA (KB) KECAMATAN SILIRAGUNG KABUPATEN BANYUWANGI. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Acmad Siddiq Jember.

[img] Text
MAZIDATUL FAIQOH_D20183029 (1).pdf

Download (4MB)

Abstract

Mazidatul Faiqoh, 2023 : Bimbingan Pranikah Bagi Calon Pengantin Muslim Dengan Konsep Keluarga Sejahtera Di Balai Penyuluh Keluarga Berencana (KB) Kecamatan Siliragung Kabupaten Banyuwangi.
Kata Kunci: Bimbingan Pranikah, Keluarga Sejahtera
Bimbingan pranikah merupakan salah satu sosuli untuk mencapai keluarga yang sejahtera. Menikah dan berkeluarga adalah fitrah dari semua insan yang bernyawa. Tujuan pernikahan adalah untuk membentuk sebuah keluarga yang Sakinah, dan sejahtera. Bimbingan pranikah ini menjadi syarat untuk melangsungkan pernikahan. Bimbingan pranikah sangat diperlukan untuk calon pengantin yang akan menghadapi bahtera rumah tangga. Tentunya dalam bimbingan pranikah ada materi atau pembelajaran kepada calon pengantin untuk siap menjadi orang tua yang cerdas. Oleh karena itu perlu adanya metode dan teknik yang digunakan. Di Balai penyuluh keluarga berencana (KB) menggunakan metode bimbingan berbasis pendekatan terhadap calon pengantin untuk memperluas pengetahuannya.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini yaitu: 1). Bagaimana proses pelaksanaan bimbingan pranikah bagi calon pengatin muslim yang diterapkan oleh balai penyuluh Keluarga Berencana (KB) Kecamatan Siliragung? 2). Apa saja materi yang diberikan dalam bimbingan pranikah bagi calon pengantin muslim di balai penyuluh Keluarga Berencana (KB) Kecamatan Siliragung?. Tujuan penelitian ini yaitu: 1). Untuk mengetahui proses pelaksanaan bimbingan pranikah bagi calon pengantin muslim yang diterapkan oleh balai penyuluh KB Kecamatan Siliragung untuk mencapai keluarga sejahtera. 2). Untuk mengetahui materi yang diberikan dalam bimbingan pranikah bagi calon pengantin muslim untuk mencapai keluarga sejahtera.
Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualitatif deskriptif, dengan jenis penelitian analisis deksriptif kualitatif. Subyek penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model analisis data Miles dan Huberman yang meliputi: kondensasi data (data condensation), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (conclusions drawing). Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Adapun hasil penelitian ini yaitu: 1). Proses bimbingan pranikah bagi calon pengantin yang dilakukan di Balai Penyuluh Keluarga Berencana (KB) Kecamatan Siliragung Kabupaten Banyuwangi bimbingan pranikah diselenggarakan dengan cukup efektif dengan pemberian materi untuk menuju keluarga sehatera. 2). Materi yang diberikan pada sa’at kegiatan bimbingan pranikah di Balai Penyuluh Keluarga Berencana Kecamatan Siliragung Kabupaten Banyuwangi adalah (a) alat kontrasepsi jangka pendek antara lain: kondom, suntik, pil. (b) alat kontrasepsi jangka Panjang antara lain: implant, IUD, MOW/MOP. (c) 4 terlalu (terlalu tua, terlalu muda, terlalu rapat, terlalu banyak) (d) 8 fungsi keluarga.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Ms Mazidatul Faiqoh
Date Deposited: 06 Apr 2023 02:18
Last Modified: 06 Apr 2023 02:18
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21890

Actions (login required)

View Item View Item