Upaya Pembinaan Karakter Peserta Didik Melalui Pembelajaran Kitab At-Tibyan Fi Adabi Hamalat Al-Quran Di Madrasah Tsanawiyah Sunan Kalijaga Senduro Kabupaten Lumajang Tahun Pelajaran 2018/2019

Syujak, Ahmad Hiznillah (2019) Upaya Pembinaan Karakter Peserta Didik Melalui Pembelajaran Kitab At-Tibyan Fi Adabi Hamalat Al-Quran Di Madrasah Tsanawiyah Sunan Kalijaga Senduro Kabupaten Lumajang Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
AHMAD HIZBILLAH SYUJAK_084 138 022.pdf

Download (5MB)

Abstract

Islam sangat menjunjung tinggi nilai-nilai pendidikan karena pada hakikatnya pendidikan merupakan usaha manusia untuk melestarikan hidupnya. Pendidikan merupakan kebutuhan hidup manusia yang mutlak harus dipenuhi. Dalam sejarahnya pendidikan sebenarnya sudah dimulai sejak adanya makhluk yang bernama manusia, yang berarti pendidikan itu berkembang, berproses bersama-sama dengan proses perkembangan hidup dan kehidupan manusia itu sendiri. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana upaya pembentukan karakter peserta didik di dalam pembelajaran kitab at-Tibyan Fi Adabi Hamalat al-Quran di MTs Sunan Kalijaga Senduro Lumajang? dan 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat upaya pembentukan karakter peserta didik melalui pembelajaran kitab at-Tibyan Fi Adabi Hamalat al-Quran di MTs Sunan Kalijaga Senduro Lumajang? Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan upaya pembentukan karakter peserta didik di dalam pembelajaran kitab at-Tibyan Fi Adabi Hamalat al-Quran di MTs Sunan Kalijaga Senduro Lumajang dan 2) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat upaya pembentukan karakter peserta didik melaui pembelajaran kitab at-Tibyan Fi Adabi Hamalat alQuran di MTs Sunan Kalijaga Senduro Lumajang. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan jenis penelitian studi kasus. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive. Dan teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif, sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa 1) Upaya pembentukan karakter peserta didik di dalam pembelajaran kitab at-Tibyan Fi Adabi Hamalat al-Quran di MTs Sunan Kalijaga Senduro Lumajang telah dilaksanakan dengan beberapa langkah tersebut yaitu melalui (1) Habituasi (pembiasaan) dan pembudayaan yang baik, (2) Membelajarkan hal-hal yang baik, (3) Moral feeling dan loving: merasakan dan mencintai yang baik, (4) Moral Acting (tindakan yang baik), (5) Moral model (keteladanan dari lingkungan sekitar) dan (6) Tobat (kembali) kepada Allah setelah melakukan kesalahan. Faktor pendukung dalam upaya pembentukan karakter peserta didik melalui pembelajaran kitab at-Tibyan Fi Adabi Hamalat al-Quran di MTs Sunan Kalijaga Senduro Lumajang di antaranya 1) pembinaan karakter anak yang dilakukan oleh keluarga, 2) Keluarga sebagai wahana pertama dan utama pendidikan karakter anak, 3) Aspek-aspek penting dalam pendidikan karakter anak dan 4) Pola asuh menentukan keberhasilan pendidikan karakter anak dalam keluarga.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 06 Apr 2023 08:27
Last Modified: 06 Apr 2023 08:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21899

Actions (login required)

View Item View Item